Hampir 10.000 Penumpang Kereta Tiba di Jogja dalam Dua Hari

Ilustrasi. - Bisnis/Himawan L Nugraha
02 April 2021 22:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA– Sebanyak 9.622 penumpang kereta api jarak jauh tiba di Jogja pada 1-2 April 2021. Menurut data dari Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, pada 1 April 2021 ada sebanyak 6.991 penumpang yang datang di Stasiun Lempuyangan dan Tugu. Sementara sisanya atau 3.524 penumpang datang pada tanggal 2 April 2021. Data ini merupakan update tanggal 2 April 2021 pukul 07.30 WIB. Ada kemungkinan penambahan penumpang yang datang seiring bergeraknya data.

“Masih dari Jakarta dan Bandung,” kata Supriyanto terkait asal penumpang yang datang ke Jogja, saat dihubungi pada Jumat (2/4/2021).

Besarnya jumlah penumpang ini bisa jadi dampak libur Paskah yang bertepatan pada 2 April 2021. Untuk beberapa kantor atau perusahaan, libur akan berlanjut pada akhir pekan esok harinya.

BACA JUGA: Tak Hanya di Pleret, Densus 88 Juga Menangkap Terduga Teroris di Sewon Bantul

Namun banyaknya penumpang yang datang ke Jogja belum terlihat berdampak pada beberapa tempat wisata, termasuk kedai di wilayah Alun-alun Utara dan Malioboro. Salah satu pedagang di Alun-alun Utara, Dinta Yuliant Sukma, belum melihat peningkatan pengunjung di kedainya.

“Belum terlihat. Semalam hujan, sejak siang jadi malah turun kunjungan. Coba nanti kami lihat malam ini, semoga saja tidak hujan lagi dan kami berharap ada kenaikan jumlah kunjungannya,” kata Dinta.

Begitu pula dengan Rini Pujiastuti yang memiliki kedai di kawasan Malioboro. Dia belum mendapati peningkatan kunjungan libur Paskah ini. “Hari ini (Jumat) masih terpantau sepi, kemungkinan besok,” kata Rini.