Advertisement

CEO Wardah Dukung Penguatan Komunikasi Semua Aktivitas Pendidikan

Media Digital
Senin, 05 April 2021 - 18:47 WIB
Sunartono
CEO Wardah Dukung Penguatan Komunikasi Semua Aktivitas Pendidikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana, Ketua Jaringan Semua Murid Semua Guru serta Deputi Direktur Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan Ivan Ahda, CEO PT Paragon Technology and Innovation (PTI) Salman Subakat, dan External Relations PTI Adi Yasir. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Chief Executive Officer (CEO) PT Paragon Technology and Innovation (PTI) Salman Subakat pada Minggu (4/4/2021) ini kembali silaturahmi ke Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana di rumahnya di Kota Bogor.

Sebelumnya orang pertama di perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia, Wardah  itu telah melakukan hal yang sama sekitar tiga minggu lalu tepatnya Minggu (14/3/2021).

Advertisement

Ketika kunjungan pertama Salman ke rumah Dr Aqua, juga hadir Ketua Gerakan Jurnalis Peduli Pendidikan (GJPP) Nurcholis MA Basyari. Mereka bertiga diskusi sekira tiga jam membicarakan berbagai hal. Setelah itu Dr Aqua ke Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di berbagai kota.

Jika sebelumnya Salman datang sendiri, kali ini bersama tim intinya. Mereka adalah External Relations PTI Adi Yasir, Ketua Jaringan Semua Murid Semua Guru serta Deputi Direktur Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan Ivan Ahda, Founder & CEO Improva, Managing Director Aksara Cipta Utama Foundation serta Professional Coach Mharta Adji Wardana.

"Saya sengaja mengajak tim ke sini untuk silaturahmi dan diskusi sama bapak. Pasti banyak hal yang bisa kita bicarakan seperti yang selama ini kita lakukan setiap ketemu," ungkap Salman sambil mengenalkan satu-persatu anggota timnya.

Kemudian mereka diberi kesempatan menceritakan kegiatan-kegiatan yang selama ini telah dilakukan dan program-program kerja mendatang yang akan dilaksanakan termasuk menjelang puasa Ramadhan. Dr Aqua menyimak semua yang mereka sampaikan.

Ivan menginfokan dalam waktu dekat setelah 10 April 2021 ada beberapa kegiatan di Semarang, Jawa Tengah. Jika waktunya pas mau mengajak Dr Aqua untuk bergabung pada aktivitas tersebut.

Umumnya berbagai kegiatan yang diinisiasi dan dilaksanakan Salman terkait dengan pendidikan. Baik di banyak perguruan tinggi maupun di sekolah-sekolah dasar hingga menengah. Semua aktivitas itu menyentuh para dosen, guru, mahasiswa, dan siswa. Seluruh programnya disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Salman yakin dengan intens menyentuh di semua lini pendidikan terutama seluruh orang yang terlibat di dalamnya maka akan membuat perubahan secara signifikan. Kegiatannya dilakukan baik secara formal maupun informal.

"Bangsa kita akan lebih maju dari sekarang ini jika teredukasi dengan baik. Makanya saya selama ini memberi perhatian besar dan fokus di bidang pendidikan," kata Salman.

Semua yang dilakukan Salman sejalan dengan pemikiran dan aktivitas Dr Aqua. Penulis buku super best seller "The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi" itu sekira 16 tahun terakhir aktif melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di seluruh Indonesia dan puluhan negara.

Sudah ratusan ribu orang "disentuh" Dr Aqua. Latar belakangnya beragam. Di antaranya anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), aparatur sipil negara (ASN), pegawai badan usaha milik negara (BUMN), karyawan perusahaan swasta, mahasiswa, dan siswa.

Setelah menyimak semua yang disampaikan Salman dan timnya, Dr Aqua menyampaikan apresiasi yang tinggi. Seluruh kegiatan mereka selama ini yang terkait dengan pendidikan itu dinilainya mulia sekali. Sangat besar manfaatnya buat bangsa dan negara.

Namun mantan wartawan di banyak media besar itu mengingatkan agar juga lebih memperhatikan dan menekankan pada aspek komunikasi. Itu sebaiknya menjadi prioritas karena terkait erat dengan efektivitas berbagai kegiatan di bidang pendidikan.

"Sebaik apapun program di bidang pendidikan akan menjadi sia-sia dan tidak efektif jika hal yang paling esensi yakni Komunikasi tidak disentuh. Sebaiknya secara paralel sambil jalan melaksanakan semua program, juga melakukan perbaikan dan penguatan kemampuan komunikasi semua pihak yang terlibat dalam aktivitas pendikan tersebut," tegas Dr Aqua yang selama puluhan tahun belajar komunikasi secara informal dan kuliah mulai S1 hingga S3 di Fakultas Ilmu Komunikasi.

Komunikasi Sangat Vital

Dr Aqua mengatakan sampai sekarang masih sering terjadi gap komunikasi antar dosen dan mahasiswa serta antar guru dan siswa. Akibatnya komunikasinya tidak lancar sehingga mengganggu proses belajar dan mengajar. Kalau hal itu dibiarkan terus akan berpengaruh secara keseluruhan pada dunia pendidikan.

"Jadi pembenahan di bidang komunikasi itu mendasar sekali dan harus menjadi perhatian semua pihak. Makanya saya usul ke Mas Salman agar selalu memasukkan materi Komunikasi setiap melaksanakan berbagai kegiatan. Manfaatnya pasti sangat besar buat semua peserta terutama untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka," tambah bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana.

Dalam berbagai kesempatan kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua selalu mengatakan komunikasi itu kelihatannya sederhana bahkan sepele. Padahal komunikasi itu sangat vital. Kalau tidak hati-hati dalam berkomunikasi dampaknya bisa fatal.

"Jangan pernah anggap enteng sama komunikasi. Apalagi aktivitas semua orang setiap harinya yang paling dominan adalah komunikasi. Berbagai persoalan di muka bumi ini termasuk di Indonesia sering terjadi karena masalah komunikasi," tegas anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana  Komunikasi Indonesia selama dua periode ini.

Saat Dr Aqua menyampaikan semua itu, Salman dan timnya menyimak dengan serius. Mereka sependapat dengan yang diutarakan motivator ulung tersebut, apalagi lengkap dengan contoh-contoh nyata yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Salman langsung meminta kepada seluruh timnya untuk melaksanakan semua pesan dan saran Dr Aqua. Itu dinilainya sangat penting untuk efektivitas dan keberhasilan program-program pendidikannya di masa datang.

"Semua masukan dari Pak Aqua terkait dengan memasukkan materi Komunikasi pada setiap program pendidikan yang kita laksanakan bagus sekali. Jadi tolong dilaksanakan," pesan Salman ke timnya.

Pada kesempatan tersebut, Salman kembali menegaskan komitmennya mendukung kegiatan safari Sharing Komunikasi dan Motivasi yang dilakukan Dr Aqua, khususnya di lingkungan TNI-Polri di seluruh Indonesia.

“Bagus sekali kegiatan Pak Aqua. TNI-Polri sebagai pilar penjaga NKRI patut mendapatkan perhatian dan motivasi. Saya akan menyampaikan kepada para manajer di daerah-daerah untuk berpartisipasi dan mendukung kegiatan Pak Aqua Sharing Komunikasi dan Motivasi di kalangan TNI-Polri,” kata Salman.

Dia berjanji akan menjadwalkan hadir untuk tampil “berduet” dengan Dr Aqua pada sesi-sesi tertentu. Hal itu untuk menyesuaikan dengan agenda kegiatan lainnya selaku CEO perusahaan kosmetik terkemuka asli Indonesia yang merajai pasar produk kecantikan di Tanah Air, antara lain di bawah brand Wardah, MakeOver, dan Kahf.

Setelah diskusi sekira 1,5 jam, Salman dan tim pamit. Mereka melanjutkan kegiatan ke Charity Golf Tournament Dies Natalis 71 Universitas Indonesia di Klub Golf Kebun Raya. PTI menjadi sponsor acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemberantasan Judi Online, Pakar Keamanan Siber: Penegakan Hukum Harus Maksimal

News
| Sabtu, 20 April 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement