HMP IAT STAI Sunan Pandanaran Jogja Gelar Gebyar Tafsir

Acara Gebyar Tafsir 2021 HMP IAT STAISPA/Ist
06 April 2021 16:07 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta (STAISPA) mengadakan program kerja baru di tahun 2021, untuk pertama kalinya akan mengadakan event skala nasional Gebyar Tafsir 2021 dengan tema “Merajut Khazanah Tafsir Nusantara”.

Menurut Ketua HMP IAT STAISPA 2021 Sekaligus Ketua Panitia Acara, Melisa Mengatakan “Merajut Khazanah Tafsir Nusantara menjadi tema piliihan karena kajian tafsir nusantara dirasa penting untuk dikembangkan dan dibumikan.

Keilmuan yang dibawa oleh para penulis karya tafsir Nusantara sebenarnya masih banyak yang harus dieksplor dan menurut kami, hal ini wajib diketahui oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa IAT selaku pelestari kekayaan wawasan tafsir. Selain itu, konsentrasi dari prodi IAT STAISPA juga fokus pada wawasan ke-Nusantaraan"

Rencananya Gebyar Tafsir akan berlangsung selama kurang lebih 2 minggu. Untuk acara inti pada tanggal 10-11 April, dan perlombaan kita buka pendaftaran sekaligus pengumpulan karya dari taggal 25 Maret hingga tanggal 8 April 2021.

Pengumuman kejuaraan sendiri akan dilaksanakan di penghujung acara yakni tanggal 11 April. Pihak panitia juga berterimakasih kepada media partner Studi Tasfir, Tafsir Al-Qur’an.id, FKMTHI DIY-JATENG, LPM Aksara, Nusantara Accompany, Harian Jogja, Bangkit Media.com dan ADi TV. Serta pihak AIAT-Indonesia yang bersedia mensupport acara gebyar tafsir 2021.

“Perlu diketahui bahwa acara gebyar tafsir ini perdana dari HMP IAT STAISPA, acara ini diadakan selain sebagai peningkatan mutu eksistensi kegiatan HMP IAT, namun juga sebagai wadah peningkatan kreativitas mahasiswa. Harapan kami acara ini akan menjadi agenda tahunan dan berlanjut di tahun-tahun selanjutnya“, ujar Melisa.

Acara gebyar tafsir perdana rencananya akan menyelenggarakan beberapa rangkaian acara yaitu Seminar Nasional yang menghadirkan para pakar tafsir nusantara, diantaranya Islah Gusmian, Ervan Nurtawab, Fadhli Lukman, Mohamad Yahya dan Sahiron Syamsuddin, Silaturrahmi sivitas akademika khusus prodi IAT, Bedah buku karya Fahrur Rozi, perlombaan MSQ untuk SMA/sederajat dan lomba Esai tingkat nasional untuk mahasiswa.

“Event Gebyar tafsir merupakan acara terbesar yang dilakukan HMP IAT tahun kini acara ini banyak kegiatan yang menarik dan tentunya akan memperkaya cakrawala keilmuan terkait tafsir nusantara. Kami juga menyediakan hadiah yang menarik untuk para pemenang lomba, baik essay maupun MSQ," kata Melissa. (*)