Server Bermasalah, Belasan Siswa Harus Ikuti Ujian Susulan

Ilustrasi siswa menggunakan komputer. - ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas.\\n
07 April 2021 21:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Pelaksanaan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) di hari ketiga tidak berjalan mulus. Sebab, ada belasan siswa di SMP Muhammadiyah Saptosari tidak bisa mengerjakan soal ujian karena server bermasalah. Akibatnya para siswa harus mengikuti ujian susulan yang diselenggarakan 15 April mendatang.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Saptosari, Mardi mengatakan, penyelenggaraan ASPD sejak Senin (5/4/2021) tidak ada masalah karena berjalan dengan baik. Hanya saja, memasuki hari ketiga ujian ada sedikit permasalahan di server. pada saat akibatnya, sesi pertama tidak bisa diselenggarakan karena kendala tersebut.

“Harusnya ada 14 siswa yang mengerjakan soal, tapi tidak bisa karena bermasalah dengan server,” kata Mardi kepada wartawan, Rabu (7/4/2021).

Menurut dia, teknisi yang dimiliki sudah berusaha melakukan perbaikan, termasuk mencoba menghidupkan server cadangan. Meski demikian, upaya tersebut belum membuahkan hasil karena para siswa tidak bisa mengerjakan.

“Beruntungnya saat ujian sesi kedua sudah normal sehingga bisa kembali digunakan,” katanya.

Mardi menuturkan, 14 siswa yang belum bisa mengerjakan soal di ASPD, rencananya akan mengikuti ujian susulan. “Sudah dijadwalkan dan ujian susulan akan dilaksnaakan pada 15 April mendatang,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Kisoworo mengatakan, pihaknya sudah mendengar adanya permasalahan server di SMP Muhammadiyah Saptosari. Menurut dia, permasalahan itu hanya terjadi di satu sekolah sedangkan yang lainnya dapat menjalankan ujian dengan lancar. “Hingga sore tidak ada laporan lain tentang kendala dalam pelaksanaan ujian,” katanya.

Dia menjelaskan, ASPD yang merupakan ujian pengganti Ujian Nasional (UN) berlangsung selama empat hari dan berakhir Kamis (8/4/2021) atau hari ini. Meski demikian, disdikpora memberikan kesempatan bagi siswa yang belum mengerjakan soal dengan mengikuti ujian susulan. “Sudah kami jadwalkan. Rencananya, ujian susulan dilaksanakan pada 15-16 April,” katanya.