Menambang di Pekarangan, Warga Ponjong Tewas Tertimpa Batu

Ilustrasi kematian - Pixabay
08 April 2021 15:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Surawan, 27, penduduk Dusun Sladi, Umbulrejo, Ponjong, tewas tertimpa batu saat menambang di tanah perkarangan miliknya pada Kamis (8/4/2021) siang. Tim evakuasi sempat kesulitan mengangkat korban karena batu yang menimpa tergolong besar sehingga tak bisa diangkat dengan cara manual.

Peristiwa nahas ini terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Surawan menambang batu untuk membangun rumah. Setelah tertimpa batu, Surawan sempat berteriak meminta tolong. Warga yang mendengar berusaha menolong, tapi upaya tersebut sia-sia karena Surawan tak bisa diselamatkan.

BACA JUGA: Terlilit Utang, Pegawai KPK Curi Barang Bukti Emas 1,9 Kg

Kapolsek Ponjong Kompol Sudhono mengatakan regu penolong terpaksa menggunakan alat berat guna mempermudah proses evakuasi. “Butuh waktu karena korban baru bisa diangkat sekitar pukul 13.30 WIB, itu pun dengan menggunakan alat berat,” katanya, Kamis.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, korban kurang hati-hati dan tidak memperhatikan kondisi di sekitar. “Beberapa hari ini sering hujan sehingga berpengaruh terhadap kestabilan tanah. Korban mungkin terlalu asyik dan lupa tebing mudah longsor,” katanya.

Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan korban adalah tetangganya.

“Situasi dan kondisi di sekitar penambangan harus dlihat dengan seksama. Jangan sampai, peristiwa ini [penambang tertimpa batu] terulang lagi. Jadi, harus hati-hati saat bekerja,” katanya.