Advertisement

Politikus Nasdem: Aksi Terorisme Menyerang Harga Diri Bangsa

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 10 April 2021 - 23:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Politikus Nasdem: Aksi Terorisme Menyerang Harga Diri Bangsa Anggota DPR RI asal DIY, Subardi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Aksi terorisme yang terjadi akhir-akhir ini memantik perhatian Anggota DPR RI, Subardi. Ia menyebut rangkaian teror seperti bom bunuh diri di Makassar pada Minggu (28/3/2021) dan lone wolf terorism di Mabes Polri Jakarta (1/4/2021) merupakan serangan terbuka terhadap harga diri bangsa.

Harga diri bangsa yang dimaksud Subardi adalah kehormatan, citra bangsa (nation branding), ideologi bangsa, keutuhan bangsa, dan masa depan bangsa. Subardi menilai, harga diri itu wajib dijaga melalui penguatan 4 Pilar bangsa. Yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Advertisement

"Tindakan teroris itu menyerang harga diri bangsa. Mereka menggunakan teror untuk memporak-porandakan bangsa," kata Subardi di sela Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar di Jogja, Sabtu, (10/4/2021).

Menurutnya, aksi terosisme tersebut memiliki tujuan untuk mengubah sistem dan ideologi bangsa yang dianggap salah. Di DIY, aktivitas pemberatasan terorisme juga terjadi di Sleman dan Bantul. Beberapa lokasi yang digeledah mulai dari rumah, tempat usaha hingga pondok pesantren (ponpes).

Baca juga: Pemerintah Akui Tren Kasus Covid-19 Kurang Baik, Ini Kata Satgas

"Maka saya tegaskan, apapun bentuk terorisme itu adalah ancaman serius terhadap harga diri bangsa,” kata Subardi

Wakil rakyat dari Dapil DIY ini menjabarkan makna 4 Pilar dalam perspektif kontra terorisme, yakni sistem pertahanan dan keamanan. Sistem itulah yang menempatkan TNI dan Polri sebagai penanggung jawab menjaga harga diri bangsa.

TNI, lanjut Subardi, sebagai penanggung jawab pertahanan negara sudah teruji dalam mempertahankan keutuhan bangsa sejak era kolonial. Pun demikian halnya dengan Polri sebagai penanggung jawab keamanan nasional dalam menindak kejahatan terorisme.

“National defense system pada TNI dan domestic security system pada Polri merupakan penjabaran dari 4 Pilar dalam konteks penindakan. Sikap saya selalu konsisten mendukung langkah tegas TNI-Polri melawan terorisme,” jelasnya.

Di hadapan peserta sosialisasi 4 Pilar ini, Ketua DPW NasDem DIY itu menilai, bagaimanapun harga diri bangsa adalah kewajiban yang harus dijaga oleh seluruh masyarakat. Ia juga mengajak agar semua pihak berperan aktif membumikan 4 Pilar bangsa. Salah satu fokusnya adalah menjaga keutuhan NKRI dari segala ancaman harga diri bangsa.

"Empat pilar memiliki kemampuan dan daya jangkau untuk melindungi harga diri bangsa," kata Anggota Komisi VI DPR RI tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement