Cegah Pemudik, Polda DIY Kerahkan 980 Personel

Salah satu mobil berpelat luar DIY dihentikan petugas di Pos Pemeriksaan Prambanan, Sleman, Selasa (28/4/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
12 April 2021 17:07 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Guna mencegah pemudik, Polda DIY menggelar operasi Keselamatan Progo-2021 yang bakal dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai 12-25 Mei 2021.

Selain penegakan aturan lalu lintas dan protokol kesehatan, fokus petugas juga akan dikerahkan dalam menyosialisasikan tentang larangan mudik pada Lebaran mendatang.

BACA JUGA: Mudik Dilarang, Perbatasan Bantul Akan Dijaga Ketat

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, operasi Keselamatan Progo-2021 digelar bersama Satgasda dan Satgasres dengan didukung oleh sejumlah instansi terkait lainnya.

Operasi kali ini akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berkendara.

"Operasi ini akan melibatkan 980 personel yang tersebar di seluruh wilayah DIY. Larangan mudik juga akan menjadi fokus kami pada operasi kali ini, karena memasuki masa Lebaran nanti mobilitas masyarakatdiperkirakan akan cukup tinggi sehingga rentan dan berpotensi untuk menyebarkan Covid-19," kata Iwan.