Pembangunan Jalur Kereta Bandara YIA Ditarget Rampung Juli Mendatang

Jembatan Rel kereta bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang telah terpasang di atas jalan nasional Wates-Purworejo, seperti terlihat Rabu (31/3/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
13 April 2021 21:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Progres pembangunan jalur kereta api (KA) bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sudah mencapai 86%. Pengerjaan fisik saat ini tengah fokus menyasar bagian atas rel. Sedangkan, struktur bawah rel KA bandara YIA sudah hampir rampung.

Direktur Prasarana Perkeretaapian Heru Wisnu Wibowo menjelaskan pengerjaan struktur atas jalur rel KA bandara YIA yang dibangun sepanjang sekitar 39 kilo meter tersebut menjadi fokus pekerjaan fisik saat ini.

"Progres sudah mencapai 86 persen. Memang pengerjaan struktur bawah sudah hampir mencapai 90 persen. Yang masih tertinggal ini untuk yang bagian atas. Jadi, ada penggelaran ballast bantalan dan pemasangan rel. Itu sudah dimulai, targetnya di bulan Juli selesai," ujar Heru Wisnu pada Selasa (13/4/2021).

Setelah pembangunan fisik pada bulan Juli mendatang rampung dilakukan, upaya selanjutnya yang akan dilakukan tes dan uji commissioning terhadap jalur rel KA bandara YIA.

"Setelah selesai di bulan Juli nanti, selanjutnya akan dilakukan tes dan uji commissioning. Kemudian, setelah itu kita ada uji coba running rest di awal Agustus dan nanti insya Allah di tanggal 17 Agustus 2021 akan beroperasi secara komersial," kata Heru Wisnu.

Adapun, dibangunnya proyek jalur rel KA bandara YIA sendiri bukan tanpa alasan. Pembangunan rel KA bandara YIA bertujuan untuk memberikan fasilitas akses bagi warga dari Jogja yang menuju ke YIA.

BACA JUGA: Warga Jogja Bisa Saksikan! Planet Mars Akan Menutupi Bulan pada 17 April

"Sebetulnya tujuan kita membangun kereta api bandara YIA adalah memberikan akses kereta api ke Bandara YIA. Seperti diketahui, kalau kita naik mobil misalnya dari Jogja itu kan bisa satu jam atau bisa sampai satu setengah jam," kata Heru Wisnu.

"Nanti dengan kereta ini cukup dengan waktu 39 menit. Jalur rel bandara YIA ini kurang lebih panjangnya 39 kilometer. Jadi kecepatan rata-rata 100 kilometer per jam. kemudian akses antar moda bandara," kata Heru Wisnu.

Masyarakat ditargetkan mampu menggunakan KA bandara YIA sampai dengan kawasan bandara per 17 Agustus 2021 mendatang sesuai dengan hari kemerdekaan republik Indonesia. Pengerjaan fisik selama bulan puasa sendiri diklaim oleh Heru Wisnu berjalan seperti biasanya. Walaupun, pada malam hari pekerja diberikan kesempatan untuk beribadah.