UAJY Bersama 4 Perguruan Tinggi Gelar Vaksinasi Massal

Vaksinasi Covid-19 yang digelar di Gedung Thomas Aquinas UAJY, Kamis (15/4/2021). - Istimewa
16 April 2021 16:17 WIB Yudhi Kusdiyanto Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Dinkes Sleman, Institut Teknik Nasional Yogyakarta (ITNY), Universitas Proklamasi 45 (UP 45), Stikes Wirahusada, serta Poltekkes BSI menggelar vaksinasi massal Covid-19 di Gedung Thomas Aquinas UAJY, Kamis (15/4/2021).

Vaksinasi diikuti sekitar 1.200 peserta terdiri dari dosen, karyawan, dan purna tugas dari lima perguruan tinggi. Selain itu ada sekitar 150 warga lansia dari Dusun Kledokan dan Tambakbayan, Babarsari, Depok, Sleman, yang ikut mendapatkan vaksin.

Rektor UAJY, Profesor Yoyong Arfiadi mengatakan vaksinasi digelar untuk mendukung upaya pemutusan rantai persebaran Covid-19. “Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk persiapan kami untuk menggelar kuliah tatap muka dalam waktu dekat,” kata Yoyong, seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (16/4).

UAJY rencananya membuka proses belajar mengajar secara daring dan luring terbatas. “Jadi kalau kebijakan sudah bisa dibuka, maka segera dimulai. Meski demikian, akan melaksanakannya dengan prinsip fleksibilitas, baik bagi dosen dan juga bagi mahasiswa,” katanya.

Rencananya, ada dua macam kelas. Pertama, dosen dan mahasiswa yang belum memungkinkan untuk melaksanakan kelas luring, maka diselenggarakan kelas daring. “Bagi mahasiswa yang sudah dapat datang ke kampus, maka dapat mengikuti kelas luring terbatas,” ujar Yoyong.

Kabid Pencegahan Pengendalian dan Penyakit Dinkes Sleman, Novita Krisnaeni, mengimbau kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan. “Kami mohon meski sudah divaksin jangan meremehkan ancaman Covid-19. Protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan dan dipatuhi. Vaksinasi tidak menjamin diri kebal dari Covid-19,” ujarnya.

Koordinator Tim Penanganan Pemulihan Covid-19 UAJY, B. Hengky Widhi Antoro mengungkapkan UAJY melakukan persiapan untuk menunjang kelancaran vaksinasi, mulai dari pembuatan proposal permohonan pelaksanaan vaksinasi, sosialisasi program, sosialisasi jenis vaksin yang diberikan, hingga tata ruang untuk vaksinasi. “Vaksinasi massal ini sebagai upaya perguruan tinggi untuk menyukseskan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah sehingga diharapkan dapat memutus rantai persebaran Covid-19 serta membentuk herd immunity,” katanya.