Warga Jogja! Begini Cara Cepat Dapat Vaksinasi Covid-19 Meski Bukan Prioritas

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
20 April 2021 17:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Ada cara mendapatkan vaksin, meski bukan lansia dan pelayan publik yang merupakan prioritas vaksinasi pada April 2021 ini.

Caranya dengan mengantar dua lansia untuk datang pada vaksinasi massal di Kompleks Balai Kota Jogja pada 23-24 April 2021 pada malam hari. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (Dinkes) Jogja, Emma Rahmi Aryani.

Dalam rangka percepatan vaksinasi lansia, penyuntikan pada siang hari selama Ramadan tetap berlangsung. Hal ini merujuk pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang nyatakan tidak batal puasa meski mendapat vaksin pada siang hari. Untuk semakin mempercepat vaksinasi pada lansia, Dinkes Jogja laksanakan vaksinasi massal pada malam hari.

"Lansia itukan risikonya lebih tinggi. Nah ini harapannya kan didekatkan pas buka puasa maupun sudah buka puasa," kata Emma saat dihubungi secara daring, Selasa (20/4/2021). "[Meskipun] tidak ada pengaruhnya juga sih vaksin saat puasa, toh dari MUI juga membolehkan tidak membatalkan puasa pada waktu divaksinasi. Tapi ini kan untuk percepatan juga, ini agar supaya vaksinasi lansia bisa sesuai target."

Untuk semakin memudahkan lansia, khususnya dalam hal mobilitas, Dinkes Jogja terapkan sistem two in one. Pengertian secara garis besarnya, orang yang mengantar minimal dua lansia, dia bisa mendapat vaksin juga. Meskipun tidak masuk dalam prioritas vaksinasi saat ini.

BACA JUGA: Uji Coba Sekolah Tatap Muka untuk SD-SMP di Jogja Dimulai Bulan Depan

"Ini juga merupakan salah satu strategi kami untuk percepatan vaksinasi lansia," kata Emma.

Dalam praktiknya, Dinkes Jogja bekerja sama dengan kalurahan dalam vaksinasi massal pekan ini. Setiap kalurahan mendapat jatah 50 dosis. Jatah ini sudah termasuk lansia dan pengantarnya.

"Harapannya itu, nanti lansianya yang lebih banyak. Kalau perhitungannya kalau satu orang bawa dua lansia kan berarti kalau 50 [per kalurahan], itu 30 lansia dan 20 orang yang bawa. Harapannya yang nganter itu jangan sampai 20, sepuluh saja, sehingga lansia lebih banyak. Syukur-syukurnya semua lansia, itu harapannya," kata Emma.

Bagi pengantar lansia, tidak perlu mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran secara manual langsung di tempat penyelenggaraan vaksinasi massal.

Vaksinasi massal di Kompleks Balai Kota ini untuk lansia penerima dosis pertama. Sampai saat ini, dari sekitar 60.000 lansia yang terdaftar vaksin, yang sudah menerima dosis pertama sebanyak 24.262. Sedangkan yang sudah menerima dosis kedua sebanyak 11.578 lansia. Jumlah pendaftar vaksinasi untuk lansia di Jogja telah melebihi target dari pemerintah pusat, yaitu 46.440 orang.