Warga NTT di Jogja Kirim 15 Ton Bantuan ke Daerahnya

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi (memegang michorphone), meninjau bantuan yang telah terkumpul di Posko Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, Rabu (21/4/2021)-Harian Jogja - Lugas Subarkah
21 April 2021 22:37 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Guna meringankan beban sanak saudara di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdampak bencana banjir dan longsor, Keluarga Besar NTT Yogyakarta yang telah membentuk Posko Babarsari dan berhasil mengumpulkan donasi logistik total 15 ton.

Koordinator Posko Babarsari Yogyakarta, Maklon Hatti, menjelaskan bantuan yang telah terkumpul saat ini sebanyak 480 karung yang meliputi pakaian layak pakai, beras, mi instan, makanan ringan, sabun, detergent, pempers, pembalut dan lainnya.

Pada tahap pertama, bantuan akan dikirimkan Kamis (22/4/2021) pagi menuju Adonara dan Lembata, Flores. Pengiriman bekerja sama dengan Angkatan Udara RI (AURI) yang akan menerbangkan bantuan dari Lanud Adi Sucipto ke lokasi tujuan menggunakan pesawat Hercules.

“Berkaitan transportasi dari Maumere ke Larantuka dan Adonara kami sudah bekerja sama dengan Romo Keuskupan. Nah Romo Keuskupan sudah tugaskan beberapa penanggungjawab untuk menerima barang di Larantuka,” ujarnya, di Posko Babarsari, Caturtunggal, Depok, Rabu (21/4/2021).

BACA JUGA: Nathalie Holscher Bakal Ajukan Cerai Habis Lebaran, Sule Terancam Jadi Duda Kedua Kalinya

Bantuan sebanyak 15 ton ini kata dia, dikumpulkan dalam waktu yang relatif singkat, yakni pada 6-21 April. Menurutnya bantuan bisa begitu cepat terkumpul karena ekspos media baik terhadap kondisi di NTT maupun aksi penggalangan donasi, sehingga masyarakat tergerak untuk memberi bantuan.

Pada kegiatan loading barang sebelum diberangkatkan ke Lanud Adi Sucipto ini, hadir pula Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi. Ia mengapresiasi upaya seluruh relawan Posko babarsari Yogyakarta untuk merespon bencana yang menimpa saudara di NTT.

“Di tengah Pandemi kita semua mengalami kesulitan. Tapi ketika ada saudara perlu bantuan kita bisa mengikhlaskan sebagian yang kita miliki. Kebersamaan kita bisa mengalahkan apa yang menjadi kepentingan kita di sini,” ujarnya.

Apa pun yang kita berikan kata dia, akan sangat diterima dan meringankan beban korban terdampak bencana di NTT karena memang saat ini sangat mereka butuhkan. “Semoga lancar semua sampai tujuan, barang dapat terkirim sehingga dapat diterima saudara kita di NTT,” kata dia.