Setahun, 587 Jenazah Pasien Covid Dimakamkan di Sleman

Ilustrasi - Antara
24 April 2021 17:07 WIB Newswire Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Tim Dekontaminasi dan Pemakaman, Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman, selama satu tahun telah memakamkan 587 jenazah pasien Covid-19.

"Total hingga hari ke-365 Tim Dekontaminasi dan Pemakaman Covid-19 bertugas atau Kamis 22 April 2021, telah memakamkkan 587 jenazah pasien Covid-19," kata Koordinator Tim Dekontaminasi dan Pemakaman Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, total pemulasaran sebanyak 17, dekontaminasi armada sebanyak 3.147.

"Dekontaminasi terhadap petugas dekontaminasi dan pemakaman sebanyak 8.445 petugas," katanya.

Ia mengatakan tim Dekontaminasi dan Pemakaman Satgas Covid-19 Sleman selalu siaga 24 jam dalam tujuh hari seminggu, guna menunaikan tugas kemanusiaan.

"Tim yang terdiri dari gabungan unsur BPBD Kabupaten Sleman, PMI Kabupaten Sleman, dan Komunitas Relawan di bawah koordinasi Forum komunikasi komunitas relawan Sleman /FKKRS ini, sebelumnya telah menerima bimbingan teknis Panduan Desinfeksi dalam Rangka Pencegahan Penularan Covid-19, dan Panduan tentang Penggunaan APD Bagi Petugas dan pelatihan penanganan/pemulasaran jenazah selama pandemi," katanya.

Pada waktu tertentu, kata dia, tim juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan tentang perkembangan terbaru Covid-19 bersama narasumber ahli.

Pembekalan tersebut diharapkan dapat menjadikan relawan yang berasal dari masyarakat, dapat bertugas dengan baik, juga menjadi contoh teladan dan sumber informasi yang tepat mengenai pencegahan Covid-19 kepada masyarakat lainnya.

"Selain itu, untuk memastikan kesehatan anggota tim, maka dilakukan vaksinasi Covid-19, pemeriksaan kesehatan secara berkala oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman," katanya.

Sumber : Antara