Politeknik Siber dan Sandi Negara: Dibiayai Negara dan Langsung Jadi ASN

Politeknik Siber dan Sandi Negara. - Ist.
26 April 2021 13:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sudah tau mau lanjut kemana setelah lulus sekolah menengah atas? Cita cita kamu ingin bekerja di pemerintahan? Kamu jurusan IPA ? Nilai matematika dan bahasa Inggris kamu 80 ? Kamu ada minat dan bakat di Teknologi Informasi dan Komunikasi ? Yuk kepoin Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), satu satunya perguruan tinggi kedinasan di bidang teknologi informasi, komunikasi plus persandian.

Poltek SSN, adalah perguruan tinggi yang ada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN. Poltek SSN  memiliki visi menjadi Politeknik kelas dunia penghasil SDM siber dan sandi yang unggul dan berjiwa Pancasila.  

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka kompetensi yang di asah oleh Poltek SSN meliputi kemampuan menganalisis, merancang serta mengimplementasikan sistem kriptografi, selain itu pada peserta didik juga akan dilatih memiliki kemampuan mengelola, mengevaluasi, dan mengembangkan ilmu cyber security dan persandian dengan  harapan  dapat mendukung pemerintah dalam aspek pertahanan dan keamanan negara di ruang siber.   

Tidak hanya itu, Poltek SSN juga berfokus pada pembentukan karakter peserta didik  dengan berbagai macam pelatihan supaya peserta didik memiliki kemampuan berkreativitas, dan berfikir untuk mewujudkan keseimbangan antara kecerdasan intelektual dengan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan juga kecerdasan sosial. Kegiatan berorganisasi seperti senat mahasiswa, berbagai macam klub olahraga,  club pecinta alam atau Bapra Kecwara, dan kegiatan spiritual keagamaan dan kegiatan kesenian seperti band, paduan suara dan kelompok menari menjadi salah satu instrument di Poltek SSN untuk membentuk karakter peserta didik.

Sebagai salah satu sekolah kedinasan, Poltek SSN memiliki sistem pendidikan dimana seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara. Kamu hanya tinggal fokus pada study mu. Peserta didik juga diwajibkan untuk tinggal di asrama. Sebagai informasi buat kamu, asrama Poltek SSN itu sesuai standar hotel bintang tiga demi kenyamanan peserta didik. Poltek SSN menggunakan sistem Drop out  atau DO setiap semesternya. Artinya sederet fasilitas yang kamu dapatkan harus dibayar dengan kerja keras dan kerja cerdas dalam belajar supaya kamu tetap bisa menikmati fasilitas itu hingga kamu lulus.

Lulusan dari Poltek SSN akan menjadi CASN alias Calon Aparatur Sipil Negara yang nantinya akan diangkat menjadi ASN atau Aparatur Sipil Negara. Lulusan dari Poltek SSN akan ditempatkan di Badan Siber dan Sandi Negara. Kamu tidak perlu repot repot untuk menjadi abdi negara kalo sudah masuk Poltek SSN. Sudah tau kan bagaimana perjuangannya kalo mau jadi PNS lewat jalur umum?

Poltek SSN memiliki tiga Program Studi (Prodi) Diploma IV setara Sarjana (S1) dengan sistem paket yang harus diselesaikan dalam delapan semester selama empat tahun.

Ada tiga prodi yang bisa kamu ambil di Poltek SSN.

1. Rekayasa Kriptografi;

2. Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi;

3. Rekayasa Keamanan Siber.

Rekayasa Kriptografi

Prodi Rekayasa Kriptografi (RK) memiliki dua bidang minat, yaitu:

  1. Bidang Minat Rekayasa Sistem Kriptografi
  2. Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi

Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi

Prodi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK) melakukan pengembangan ilmu spesifik yang berkaitan dengan Embedded System Computer Engineering, Cyber Phisical System, dan Cryptographic Hardware Engineering

Rekayasa Keamanan Siber

Prodi Rekayasa Keamanan Siber (RKS) sudah memakai kurikulum yang disesuaikan dengan kompetensi profesional yang diakui industri di Indonesia sampai manca negara. Mahasiswa dapat memiliki sertifikasi profesional kesiberan.

Bagaimana? Sudah ada gambaran tentang Poltek SSN? Untuk mendaftar Poltek SSN kamu bisa akses link ini: Pum-Resmi-Penerimaan-Poltek-SSN-2021_fix_sign 

Selamat berjuang.