Advertisement

Bandara Adisutjipto Sediakan Layanan GeNose C-19 Bagi Calon Penumpang

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 30 April 2021 - 21:37 WIB
Nina Atmasari
Bandara Adisutjipto Sediakan Layanan GeNose C-19 Bagi Calon Penumpang Layanan GeNose C-19 di Bandara Adisutjipto. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Bandara Adisutjipto menyediakan layanan test GeNose C-19 bagi para calon pengguna jasa bandar udara, mulai Jumat (30/4/2021). Fasilitas tersebut berlokasi di Gedung EMPU sebelah timur Bandara Adisutjipto dengan Farmalab sebagai pelaksana layanan dan PT Angkasa Pura Supports sebagai penyedia layanan.

“Saat ini, telah tersedia fasilitas layanan Test GeNose di seluruh bandara yang berada dibawah pengelolaan PT Angkasa Pura I, termasuk Bandara Adisutjipto. Tentunya, kami menginginkan yang terbaik bagi para pengguna jasa kebandarudaraan dan dengan tersedianya fasilitas GeNose, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat untuk terbang di Bandara Adisutjipto,” ucap General Manager Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, Jumat.

Advertisement

Pandu mengatakan sebelumnya telah dilakukan simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara Adisutjipto yang dilakukan oleh 50 orang yang terdiri dari pegawai PT Angkasa Pura I (Persero) dan perwakilan dari komunitas bandara, pada Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Ada Mafia Karantina, Jumlah Protokoler di Soetta Dibatasi

Simulasi penggunaan GeNose C-19 dilakukan untuk mengantisipasi adanya penumpukan antrean, serta mengevaluasi penerapan pelayanan fasilitas GeNose sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara maksimal.

“Pelayanan GeNose ini sudah kami simulasikan sebelumnya, sehingga personil kami siap untuk memberikan pelayanan terbaik. Namun, tetap kami sampaikan kepada masyarakat yang akan melakukan test GeNose ini agar tetap menerapkan Protokol 3M demi kenyamanan bersama,” ucap Pandu.

Layanan GeNose C-19 di Bandara Adisutjipto dikhususkan bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket pesawat yang berangkat dari Bandara Adisutjipto dengan waktu pengambilan sampel maksimal 4 Jam sebelum keberangkatan. Sebelum melakukan pengambilan sampel, pengguna layanan GeNose C-19 diimbau untuk tidak mengkonsumsi apapun selain air putih 30 menit sebelum pengambilan sampel.

Baca juga: Bule Ngaku Lolos Karantina saat Masuk Indonesia Bikin Geger

Fasilitas GeNose C-19 Bandara Adisutjipto tidak diperuntukkan untuk masyarakat umum. Adapun layanan GeNose C-19 di Bandara Adisutjipto dikenakan biaya sebesar Rp40.000, dengan waktu operasional pukul 06.00 - 14.00 WIB. Saat ini tersedia dua unit mesin GeNose C-19 sehingga dapat menampung sebanyak 300 kantong perharinya untuk dapat dilakukan pemeriksaan.

“Tersedianya fasilitas GeNose C19 di Bandara Adisutjipto meningkatkan kesiapan kami untuk melakukan pencegahan penularan Covid-19. Selain GeNose C19, Bandara Adisutjipto masih menyediakan layanan deteksi Covid-19 lainnya yaitu Rapid Test Antigen yang terbuka untuk umum. Kami berharap dengan tersedianya layanan-layanan tersebut, kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa kebandarudaraan selalu terjaga. Sehingga masyarakat semakin yakin untuk melakukan perjalanan udara melalui Bandara Adisutjipto,” ujar Pandu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement