Advertisement

Wali Kota Jogja: Salat Id Masjid Kompleks Balai Kota Bisa Jadi Contoh

Sirojul Khafid
Kamis, 13 Mei 2021 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wali Kota Jogja: Salat Id Masjid Kompleks Balai Kota Bisa Jadi Contoh Suasana Salat Id di Masjid Pangeran Diponegoro, Kompleks Balai Kota Jogja, Kamis (13/5/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti menilai pelaksanaan Salat Id di Masjid Pangeran Diponegoro, Kompleks Balai Kota Jogja lancar. Penyelenggaraan sesuai protokol kesehatan (prokes) ini, lanjut Haryadi, bisa menjadi contoh bagi masjid lain di Kota Jogja dalam melaksanakan Salat Id dan kegiatan Ramadan.

“Patut dijadikan contoh bagi penyelengaraan Salat Id disudut manapun di Kota Jogja,” kata Haryadi seusai Salat Id di Masjid Diponegoro, Kamis (13/5/2021).

Advertisement

Sebelum memasuki Kompleks Balai Kota Jogja, beberapa petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja mengecek suhu para jemaah. Setelah itu petugas menyemprotkan hand sanitizer ke tangan jemaah. Memasuki gedung masjid, petugas memberikan kertas akses, buku ceramah, dan kantong kresek.

Kertas akses sebagai penanda kapasitas masjid. Apabila kertas sudah habis, maka jemaah akan diminta salat di luar gedung masjid. Sementara kantong kresek sebagai tempat sendal yang nantinya akan dibawa jemaah. Hal ini agar menghindari kerumunan saat memakai sandal ketika selesai salat.

Di dalam ruangan masjid, terpantau cukup lengang. Jarak satu jemaah dengan lainnya sekitar satu meter. Terlihat pula beberapa tempat salat yang kosong. Bagi jemaah yang tidak mendapat ruang di dalam masjid, mereka salat di jalan serta halaman depan masjid.

Beberapa hari sebelumnya, Pemerintah Kota Jogja memberikan keleluasaan masyarakat untuk menggelar Salat Id berjamaah. Pemkot Jogja mengimbau masyarakat memperbanyak titik Salat Ied. “Kami membuka seluas-luasnya penyelenggaraan Salat Ied, sebanyak-banyaknya [titik] tapi dengan jumlah jemaah sesedikit mungkin,” kata Haryadi.

Selain pada Salat Ied, Haryadi juga mengapresiasi penyelenggaraan rangkaian ibadah Ramadan di Masjid Pangeran Diponegoro. Menurutnya segala proses sudah baik untuk menunjang prokes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement