Pantai Gunungkidul Jadi Tujuan, Polisi Rekayasa Jalur

Pengunjung sedang bermain di kawasan Pantai Kukup, Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Jumat (14/5/2021). - Harian Jogja - David Kurniawan
14 Mei 2021 14:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Libur Lebaran diprediksi ada lonjakan pengunjung ke kawasan pantai. Jajaran Satlantas Polres Gunungkidul menyiapkan rekayasa arus lalu lintas guna mengurangi terjadinya penumpukan arus kendaraan menuju pantai.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Givriyanto Sakti, mengatakan lonjakan pengunjung wisata akan memberikan dampak terhadap peningkatan laju kendaraan. Oleh karena itu, untuk antisipasi sudah menyiapkan beberapa skenario.

Selain mendirikan pos pengawasan dan pemantauan di kawasan pantai, juga disiapkan opsi rekasaya arus lalu lintas. Menurut dia, rekayasa ini bersifat situasional dengan melihat laju kendaraan.

“Ya kalau normal, rekaysa arus tidak dilakukan. Namun, apabila adanya kepadatan arus maka rekasaya akan diterapkan,” katanya, Jumat (14/5/2021).

Martinus menjelaskan upaya pemantauan sudah dilakukan sejak dari simpang tiga Mulo, Kapanewon Wonosari. Apabila ada kepadatan arus maka jalur akan dibuat searah menuju pantai. Untuk akses keluar akan memanfaatkan jalur di kawasan Tepus dan Jalur Jalan Lintas Selatan.

“Jadi kalau padat. Pengendara tidak bisa keluar dari pos utama penarikan retribusi Baron. Tapi, keluarnya akan diarahkan ke JJLS atau lewat pos retribusi di Kapanewon Tepus,” katanya.