Puluhan Pengunjung Pantai di Gunungkidul Terjaring Operasi Masker

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
14 Mei 2021 22:56 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pengunjung di kawasan pantai Gunungkidul masih ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Hal ini terlihat dari operasi masker yang dilakukan pada Jumat (14/5/2021).

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengatakan operasi masker sudah digelar sejak hari pertama Lebaran atau tepatnya Kamis (13/5/2021). Razia ini akan terus dilakukan hingga liburan berakhir. “Kami berkomitmen membantu Pemerintah untuk menegakkan protokol kesehatan di area wisata, khususnya kawasan pantai,” kata Marjono, Jumat siang.

Menurut dia, selama dua hari penyelenggaraan operasi, tim gabungan masih menemukan pengunjung yang tidak memakai masker. Sebagai contoh pada Kamis, ada 51 pengunjung yang terjaring operasi masker. Adapun razia dilakukan mulai dari Pantai Pulangsawal atau Indryanti di Kapanewon Tepus ke arah barat sampai Pantai Ngerenehan di Kapanewon Saptosari.

“Untuk hari ini ada 87 pengunjung yang terjaring operasi. Rinciannya, 70 orang tidak memakai masker dan sisanya terjaring karena tidak memakai masker dengan benar,” katanya.

Meski melanggar protokol kesehatan, para pengunjung tidak dikenakan sanksi. Pasalnya, pelanggar hanya diberikan teguran secara tertulis untuk memakai masker. “Bagi yang tidak bawa setelah didata dan diberikan teguran langsung diberikan masker untuk dipakai,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty meminta kepada seluruh masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Upaya ini sebagai cara paling efektif memutus penyebaran virus Corona. “Semakin disiplin, maka potensi tertular akan semakin kecil. Namun jika abai, maka potensi penularan akan semakin besar,” katanya.