Ada Tes Antigen Acak di untuk Wisatawan di Parangtritis

Wisatawan sedang menikmati bermain pasir di Pantai Parangtritis. - Harian Jogja/Jumali
16 Mei 2021 20:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Kepolisian Sektor Kretek dibantu Polres Bantul menggelar rapid test antigen acak kepada pengunjung Pantai Parangtritis, Minggu (16/5/2021). Rapid test acak ini digelar sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 di lokasi wisata.

"Hari ini ada 100 wisatawan yang kami tes acak. Tes acak sendiri sudah kami gelar sejak Kamis (13/5/2021), dengan sasaran 100 wisatawan per harinya," kata Kapolsek Kretek Kompol S Parmin, Minggu (16/5/2021).

Dari hasil rapid test antigen acak, Kapolsek menambahkan, belum didapatkan wisatawan yang positif Covid-19. Lebih lanjut Parmin mengungkapkan, rapid test antigen acak yang bekerja sama dengan Polres Bantul ini bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 di tempat wisata, utamanya di Pantai Parangtritis.

BACA JUGA: Pegawai KPK Bongkar Kejanggalan TWK Rezim Firli Bahuri

"Selain itu, kami ingin wisatawan merasa tenang saat berwisata. Dengan rapid test acak ini, setidaknya bisa terdeteksi sekaligus menskrining wisatawan yang masuk . Karena bukan tidak mungkin jika ada yang positif akan menularkan ke wisatawan lainnya," ucap Parmin.

Terpisah, Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul mencatat meraih pendapatan sebesar Rp401,2 juta selama libur Lebaran 2021.

Dari jumlah tersebut, Pantai Parangtritis mencatatkan diri sebagai objek wisata yang paling banyak dikunjungi selama libur lebaran, 13-15 Mei.

"Total pengunjung sampai kemarin [Sabtu (15/5)], ada 41.343 pengunjung. Dari total wisatawan tersebut, sekitar 70% mengunjungi Kawasan Parangtritis," kata Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Wisata, Markus Purnomo Adi.