Kaber Mandiri Jogja Ekspor 350 Carton Topi ke Jepang

PT Udaka Indonesia sebagai Kawasan Berikat Mandiri pertama di Jogja, kembali mengekspor cap (topi) ke Jepang pada 27 April 2021. - Istimewa
17 Mei 2021 15:57 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA - PT Udaka Indonesia sebagai Kawasan Berikat Mandiri pertama di Jogja, kembali mengekspor cap (topi) ke Jepang pada 27 April 2021.
Sejumlah 350 carton topi diangkut menggunakan kontainer berukuran 40 feet melalui Pelabuhan Tanjung Emas. Nilai ekspornya mencapai 15.224.757 JPY atau sekitar Rp2 miliar.
Udaka yang berlokasi di Sleman tersebut mendapatkan fasilitas Kaber Mandiri dari Bea Cukai Jogja pada bulan Juli 2020. Dengan begitu, kegiatan ekspor tidak lagi diawasi secara langsung oleh pegawai Bea Cukai Jogja. Penandatanganan dokumen, pengawasan stuffing, dan penyegelan kontainer dilakukan sendiri oleh perusahaan.
Kebijakan fiskal Kaber Mandiri atau Self-Managed Bonded Zone yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui DJBC bertujuan untuk memudahkan kelancaran arus barang, menekan biaya ekspor-impor, dan efisiensi waktu bagi pengusaha melalui proses mandiri. Diharapkan dengan adanya kebijakan ini dapat meningkatkan volume ekspor dan meningkatkan investasi.
"Semoga tahun ini jumlah Kaber Mandiri di Jogja dapat bertambah. Fasilitas ini tentunya sangat memiliki manfaat positif bagi perusahaan," ucap Hengky Aritonang selaku Kepala Kantor Bea Cukai Jogja. (ADV)