Gunungkidul Catatkan Nol Kasus Kasus Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
17 Mei 2021 00:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Jumlah warga tertular Covid-19 tidak bertambah pada Minggu (16/5/2021). Sebaliknya, warga yang sembuh terus bertambah 12 orang sehingga jumlahnya menjadi 2.614 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, untuk sementara tidak ada tambahan kasus corona. Pasalnya, dari hasil uji specimen dinyatakan tidak ada yang positif pada Minggu. “Jumlahnya masih sama dengan kemarin [Sabtu 15/5/2021] ada 2.864 orang dinyatakan positif corona,” kata Dewi, Minggu.

Dia menjelaskan, dari jumlah ini sebanyak 2.614 orang sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan sisanya sebanyak 116 orang masih menjalani perawatan dan 134 pasien dinyatakan meninggal dunia akibat terpapar virus corona. “Selain tidak ada tambahan kasus positif. Hari ini [kemarin] ada 12 pasien yang dinyatakan sembuh,” ungkapnya.

Dewi berpendapat secara umum ada tren penurunan kasus penyebaran virus corona di Gununkidul. Ia tidak menampik, di awal tahun jumlah kasus menglami lonjakan signifikan, namun pada saat sekarang sudah mulai landai.

Baca juga: Update Covid-19 DIY 16 Mei 2021, H+3 Lebaran

Meski demikian, sambung dia, masyarakat diminta tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Pasalya, dengan disiplin maka potensi tertular akan semakin kecil. “Kondisi berbeda apabila masyarakat abai, maka potensi tertular akan lebih besar. Jadi, kami tidak akan bosan mengimbau kepada masyarakat agar taat dan patuh dalam menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta. Di masa liburan ini, ia menyempatkan diri untuk melihat pelaksanaan protokol kesehatan di area wisata, khususnya di wilayah pantai.

“Saya berharap masyarakat bisa patuh menjalankan protokol kesehatan sehingga mata rantai penularan virus bisa diputus,” katanya.