Advertisement

Warga Terinfeksi Covid-19 di Klaster Keluarahan Wirobrajan Jogja Semakin bertambah, Ini Datanya

Sirojul Khafid
Jum'at, 21 Mei 2021 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
 Warga Terinfeksi Covid-19 di Klaster Keluarahan Wirobrajan Jogja Semakin bertambah, Ini Datanya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Saat ini total kasus positif Covid-19 klaster Wirobrajan menjadi 37 orang. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, jumlah tersebut bertambah dari upaya pengembangan tracing kontak erat.

Dari 39 orang yang di-tracing, 30 di antaranya telah keluar hasil tesnya. Tujuh di antaranya positif Covid-19. Sementara hasil tes untuk sembilan orang lainnya masih dalam proses.

Advertisement

“Tapi tujuh [kasus positif] ini pengembangan dari kontak erat yang kemarin. Jadi tidak ada tracing lagi. Jadi ada 37 [kasus positif di Wirobrajan], artinya kayaknya sudah tidak ada testing untuk wilayah Wirobrajan karena sudah semu,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satuan Tugas Covid-19 Kota Jogja, Jumat (21/5/2021).

Klaster Covid-19 di Kelurahan Wirobrajan, tepatnya di Rukun Tetangga 56 Rukun Warga 12 ini diketahui pada 13 April 2021 lalu. Kala itu, ada seorang ibu yang sakit dan terdeteksi positif Covid-19. Setelah di-tracing lebih lanjut, ternyata banyak tetangga yang notabene satu keluarga besar juga terpapar Covid-19. Ada dugaan penyebaran ini lantaran sebelumnya ada kegitan massal buka puasa bersama sampai kerokan satu sama lain saat sakit.

BACA JUGA: Update Covid-19 DIY 21 Mei, 10 Orang Meninggal Dalam 24 Jam

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani, tracing kontak erat pasien positif Covid-19 di Wirobrajan sesuai keterjangkauan. Apabila target tracing berada di luar daerah, maka tidak akan di-tracing. Dinkes Jogja akan fokus pada tracing kontak erat yang berada di wilayahnya. "Dari satu pasien positif Covid-19, bisa tracing ke 15 sampai 20 orang," kata Emma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement