Warga Terinfeksi Covid-19 di Klaster Keluarahan Wirobrajan Jogja Semakin bertambah, Ini Datanya

Ilustrasi. - Freepik
21 Mei 2021 20:17 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Saat ini total kasus positif Covid-19 klaster Wirobrajan menjadi 37 orang. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, jumlah tersebut bertambah dari upaya pengembangan tracing kontak erat.

Dari 39 orang yang di-tracing, 30 di antaranya telah keluar hasil tesnya. Tujuh di antaranya positif Covid-19. Sementara hasil tes untuk sembilan orang lainnya masih dalam proses.

“Tapi tujuh [kasus positif] ini pengembangan dari kontak erat yang kemarin. Jadi tidak ada tracing lagi. Jadi ada 37 [kasus positif di Wirobrajan], artinya kayaknya sudah tidak ada testing untuk wilayah Wirobrajan karena sudah semu,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satuan Tugas Covid-19 Kota Jogja, Jumat (21/5/2021).

Klaster Covid-19 di Kelurahan Wirobrajan, tepatnya di Rukun Tetangga 56 Rukun Warga 12 ini diketahui pada 13 April 2021 lalu. Kala itu, ada seorang ibu yang sakit dan terdeteksi positif Covid-19. Setelah di-tracing lebih lanjut, ternyata banyak tetangga yang notabene satu keluarga besar juga terpapar Covid-19. Ada dugaan penyebaran ini lantaran sebelumnya ada kegitan massal buka puasa bersama sampai kerokan satu sama lain saat sakit.

BACA JUGA: Update Covid-19 DIY 21 Mei, 10 Orang Meninggal Dalam 24 Jam

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani, tracing kontak erat pasien positif Covid-19 di Wirobrajan sesuai keterjangkauan. Apabila target tracing berada di luar daerah, maka tidak akan di-tracing. Dinkes Jogja akan fokus pada tracing kontak erat yang berada di wilayahnya. "Dari satu pasien positif Covid-19, bisa tracing ke 15 sampai 20 orang," kata Emma.