Sempat Kontak Pasien, 12 Warga Sungapan Dinyatakan Positif Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
23 Mei 2021 12:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sebanyak 12 warga di RT 04 Padukuhan Sungapan, Sriharjo, Imogiri dinyatakan positif Covid-19.

Kedua belas warga yang tinggal di tiga rumah berbeda tersebut saat ini menjalani isolasi di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 dan selter desa setempat untuk mendapatkan perawatan.

Lurah Sriharjo, Imogiri, Titik Istiyawatun Khasanah yang dikonfirmasi membenarkan terkait dengan terpaparnya 12 warga di Padukuhan Sungapan. Titik mengungkapkan, awalnya ada satu warga di RT 04 Sungapan yang dinyatakan positif Covid-19, pekan lalu.

Warga yang menderita kanker payudara tersebut dinyatakan positif saat memeriksakan diri di salah satu rumah sakit, sebelum mendapatkan perawatan atas kanker yang dideritanya.

Baca juga: Komnas Pengawas Umumkan Hasil Investigasi Vaksin Sinovac dan AstraZeneca

"Dari situ, kemudian di-tracing. Semua anggota keluarganya dinyatakan positif, kecuali menantu yang dinyatakan negatif," kata Titik, Minggu (23/5/2021).

Dari hasil tersebut, kemudian dilakukan tracing lanjutan. Hasilnya didapatkan jika suami dari penderita kanker ini sempat dipijat oleh tetangganya. Tracing pun dilanjutkan dan hasilnya penghuni di tiga rumah di RT04 dinyatakan positif Covid-19.

"Kalau dikatakan muncul klaster pijat, sepertinya belum. Saat ini RT04 memang berubah status menjadi zona orange sesuai dengan aturan di PPKM Mikro," sambungnya.

Mengingat cukup banyaknya warga yang tertular, Titik menyatakan Satgas Covid-19 Kalurahan Sriharjo bersama dengan petugas puskesmas setempat saat ini terus melanjutkan tracing terhadap warga di Padukuhan Sungapan.

Baca juga: Pemda yang Daerahnya Tujuan Mudik Perlu Ambil Langkah Preventif Penularan Covid-19

"Kami lanjutkan tracing di RT02. Mudah-mudahan hasilnya nanti tidak banyak yang positif," harap Titik.

Terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan sejauh ini belum ada klaster baru di Sungapan, Sriharjo, Imogiri.

Ia memastikan 12 orang yang dinyatakan positif Covid-19 bukanlah berasal dari klaster. Selain itu, sejauh ini dari penelusuran dan penjelasan petugas puskesmas, sumber penularan untuk kasus di Sungapan berbeda-beda.

"Sumber penularan berbeda-beda. Dan juga bukan karena acara lebaran," kata Oki-panggilan akrab Sri Wahyu Joko Santosa.