Hari Pertama ASPD untuk Siswa SD di Kulonprogo Berhasil Digelar, Ini Hasilnya

Foto ilustrasi: Suasana PTM di SDN Serayu, Jogja, Rabu (28/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid
24 Mei 2021 19:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Pelaksanaan hari pertama Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) bagi siswa kelas VI jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) yang digelar pada Senin (24/5/2021) diklaim berjalan tanpa kendala berarti. Pelaksanaan ASPD digelar tiga hari yakni Senin (24/5/2021), Selasa (25/5/2021) dan Kamis (27/5/2021).

Kepala Disdikpora Kulonprogo, Arif Prastowo, mengatakan berdasarkan pantauan yang dilakukan di sejumlah sekolah dasar, protokol pencegahan penularan Covid-19 sudah dilakukan secara disiplin. Serta, ketepatan waktu pelaksanaan ASPD.

"Kesiapan anak-anak juga mayoritas sudah siap. Namun, ini kan masih hari pertama ya. Artinya, terus kita pantau ya pelaksanaan ASPD sekolah dasar ini sampai dengan Kamis (27/5/2021) ya. Hari Rabu (25/5/2021) kan libur. Sekolah saya harapkan konsisten menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19," kata Arif Prastowo pada Senin (24/5/2021).

Baca juga: Diduga Kelelahan, Mahasiswa UNS Meninggal di Kamar Kos

Pelaksanaan ASPD sendiri diikuti sekitar 6.000 kelas VI jenjang sekolah dasar dari 338 sekolah dasar diklaim oleh Arif tidak mengalami kendala yang berarti. Selain sebelumnya sudah melakukan upaya simulasi, pelaksanaan ASPD yang sudah digelar oleh SMP juga menjadi referensi satuan pendidikan tingkat SD dalam melaksanakan ASPD.

"Karena mereka sudah punya hasil simulasi kemarin. Terlebih, yang ikut ASPD ini kan hanya kelas enam SD ya. Bagi sekolah dasar yang siswanya tidak banyak langsung bisa dilakukan dalam satu ruang kelas," kata Arif.

Akan tetapi, Arif memberikan sejumlah catatan bagi sekolah dasar untuk tetap memperhatikan saat siswa menunggu orangtunya di gerbang pintu sekolah. Terlebih, sekolah tersebut berada dekat dengan jalan besar.

Baca juga: Dukung Pengendalian Covid-19, Pehcun akan Diselenggarakan Sederhana

"Antisipasi kerumunan saat siswa menunggu orangtuanya untuk menjemput kami harap menjadi perhatian dari sekolah dasar masing-masing ya. Apalagi sekolah tersebut berada dekat dengan jalan besar ya. Meskipun, di dalam sekolah itu siswa sudah tertib saat di dalam sekolah," kata Arif.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Sekolah SD Conegaran yang berada di kapanewon Wates, Sugiyah, mengatakan pelaksanaan ASPD di sekolahnya berjalan lancar. Siswa kelas enam yang berjumlah sebanyak 24 anak bisa masuk semua.

"Penerapan protokol pencegahan penularan Covid-19 sangat ketat dan anak tidak terbebani dengan masalah protokol Covid-19. Tidak ada kendala berarti," kata Sugiyah.