Pembangunan Agrowisata Bawang Merah Masih Berkutat di Penyusunan DED

Foto ilustrasi penyusunan Detail Engineering Design (DED). - Ist/Freepik
25 Mei 2021 02:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Progres pengembangan agrowisata bawang merah Nawungan masih terpaku pada penyusunan Detail Engineering Design (DED). Padahal pemenang lelang telah ditentukan awal Mei lalu.

Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Usaha Jasa Pariwisata, Dinas Pariwisata, Setya Ardhana Tarigan Sibero menuturkan pada 10 Mei 2021, penandatangan kontrak dengan pihak ketiga telah berhasil dilakukan. Di sisi lain penyusunan DED masih memasuki tahap awal. "Progres DED baru penyusunan laporan pendahuluan," Senin (24/5/2021).

"Penyusunan DED Sambil menunggu desk teknis atas usulan Rp10 miliar anggaran DAK [Dana Alokasi Khusus]. Anggaran DAK diusulkan ke Biro Perencanaan dan Keuangan, Kemenkeu," tambahnya.

Ditegaskan Setya pengerjaan proyek agrowisata bawang merah Nawungan dipastikan mulai digarap 2021. Rincian pengembangan agrowisata bawang merah mengacu pada masterplan Agrowisata Nawungan yang disusun oleh Bappeda Bantul.

"Kalau untuk usulan DAK kita mengusulkan Rp10 miliar untuk landscape agrowisata Bukit Dermo tersebut. Besaran Rp10 miliar itu belum hitungan secara detail. Hanya berdasarkan nilai investasi pada masterplan," tandasnya.