Viral Mobil Sri Sultan HB X Santun di Jalan, Warganet Ikut-ikut Berbagi Cerita

Viral mobil Sri Sultan Hamengku Buwono X di Simpang Tiga Borobudur Plaza Jl. Magelang Kota Jogja, pada Rabu (26/5/2021) malam pukul 19.30 WIB. - Ist/ dok facebook Agung Kris di grup ICJ
27 Mei 2021 16:47 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sudah menjadi pengetahuan warga di Jogja bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono X merupakan raja yang santun. Kesantunannya termasuk saat berkendara di jalan.

Sudah beberapa kali warga memberikan kesaksian tentang kesantunan Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini. Meski menjadi orang nomor satu di DIY, Sultan memang tetap mengikuti aturan lalu lintas tanpa menggunakan fasilitas khusus.

Baru-baru ini, kesantunan Sultan dalam berkendara di jalan kembali diungkap oleh warganet. Pemilik akun facebook Agung Kris mengungkap kesaksian saat bertemu dengan mobil milik Gubernur DIY tersebut. Hal itu ia unggah di grup Info Cegatan Jogja (ICJ).

Ia mengunggah foto mobil milik Sultan yakni Lexus dengan nomor polisi AB 10 HB saat antre di lampu merah Simpang Tiga Borobudur Plaza Jl. Magelang Kota Jogja, pada Rabu (26/5/2021) malam pukul 19.30 WIB.

Dalam keterangannya, ia menyebut bahwa ia bertemu dengan mobil tersebut saat sama-sama di jalan. Menurutnya, meski mobil milikĀ  Sultan, mobil tersebut menunjukkan cara berkendara yang sederhana dan santun. Ia pun beharap pengendara lain bisa mengikuti untuk santun dalam berlalu lintas di jalan.

"Edisi kebetulan ketemu di Jalan...
Sederhana dan santun...
Beliau aja santun, masa yg lain serobotan...
Monggo buat panutan kita semua khususnya warga Yogyakarta yg santun dalam berlalu lintas...
TKP Simpang Borobudur Plaza jam 19.30," tulisnya.

Harianjogja.com kemudian meminta konfirmasi ke putri kedua Sultan yakni Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono. Gusti Condrokirono membenarkan bahwa mobil tersebut merupakan mobil milik sang ayah.

Unggahan tentang kesantunan Sultan dalam berkendara ini kemudian menjadi viral. Belum 24 jam, unggahan tersebut mendapatkan lebih dari 6.600 suka, 1.700 komentar dan dibagikan ulang 78 kali.

Uniknya, dalam kolom komentar, banyak warganet turut mengungkap pengalamannya melihat kesantunan cara berkendara Sultan dengan mobilnya.

Salah satunya diungkap akun Noer Gie. "Salam sungkem buat ngarso dalem
Saya punya cerita sekitar setahun yll kira2
Saya domisili di jakal
Waktu itu pulang dari sawah pas mau nyebrang jakal yg sangat ramai dah berhanti ditgh jln mau nyebrang nunggu lengang tiba2 dari arah selatan ada mobil sedan AB 10 berhenti ngasih jln buat nyebrang pdhl jln sangat ramai sedang saya cuma pakai mtr kharisma butut
Salut buat Ngarso Dalem betul2 jadi panutan," tulisnya.

"santai tanpa wui2x totot, biyen wes tau bareng nang Adisucipto,muk mbuntuti mburine,ora penak nek nyalip," komentar Noeg Waskito.

"Rung sue iki aq tau papasan kro AB 1 ning jakal..dikawal polisi akeh tp blas ra ono sek muni sirine ne..cen terbaek kok.." tambah akun PutunEmbah Mardi.

"Pny cerita wkt ke jogja sktr thn 2014.
Maen ke jogja naik mtr sm istri dr kebumen. Sktr jam 4 lwtan saya mau shalat ashar ke masjid kauman,saya dr arah alun2 utara menuju jln.agus salim (klo ga slh). Ketika sdh dkt masjid yg ada disblh kanan saya dr arah berlawanan ada mobil toyota camry AB 1 plat merah berhenti memberikan saya jln untuk lwt msk kearea masjid. Klo dilihat posisi kendaraan seharusnya mobil tersbt bs lbh dl lwt drpd mtr saya. Ketika saya belok untuk msk kearea masjid smbl gerakan sedikit membungkukkan bdn sbg tnd trm ksh,kaca jendela blkg kiri ditrnkan & alangkah terkejutnya saya ternyata beliau adalah sri sultan sambil tersenyum & melambaikan tngn. Sebgtu hebatnya seorg gubernur skaligus seorg raja plng krj tnp adanya pengawalan. Saya merasa sangat terkesan ketika seorg raja memberikan jln kpd saya yg sbg rakyat biasa. Sampai saat ini msh terekam dl otak saya senyum & lambaian sultan kepada saya. Jogja memang istimewa terakhir saya kejogja desember kmrn & saya akan selalu kembali. Suatu saat seandainya saya mempunyai uang lbh saya akan beli tnh sepetak untuk bs tgl dijogja & bs bertemu lgsg untuk berjabat tangan. Salam hormat saya dr warga banten kepada:
Ngarso Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Sri Sultan Hamengku Bawono Ingkang Jumeneng ka 10
Sehat selalu & panjang umur.
Jogja selalu istimewa," tulis akun Hendri Hermayantoni.

"Salut...
Misalnya saja itu bukan beliau ngersa dalem yang berada di dalam mobil,tapi saya Yaqin.. sopan di lalulintas dan mentaati peraturan lalulintas pasti di tekankan oleh beliau ngersa dalem kepada keluarga maupun orang orang disekitarnya," tambah Tri Haryoto Mbangun Karsa.

Nah, seperti itu pengalaman warga bertemu dengan Sultan. Apakah Anda juga punya pengalaman serupa?