UGM Gelar Technocorner 2021 pada 29-30 Mei & 5-6 Juni Mendatang

Karya mahasiswa FT UGM. - Ist.
27 Mei 2021 10:37 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTETI FT UGM) akan mengadakan acara Technocorner 2021 pada tanggal 29-30 Mei dan 5-6 Juni mendatang. Acara yang bertema Defining The Post-Pandemic Era Through The Evolution of Technology ini terdiri dari berbagai lomba dan kegiatan yaitu Line Follower Competition, Transporter Competition, Electrical Engineering Competition, Internet of Things Competition, Workshop Arduino, dan Webinar Nasional.

Workshop Arduino sendiri akan menjadi terobosan baru dalam rangkaian acara Tecnocorner UGM pada tahun ini. Workshop Arduino ini akan berlangsung selama 2 hari,yaitu tanggal 29-30 Mei 2021. Pada hari pertama akan ada sesi materi yang akan dibawakan oleh Anak Agung Duwi Arsana selaku IoT Practioner dan content creator dan hari kedua akan terdapat studi kasus Arduino. Melalui workshop ini diharapkan bisa mewadahi minat orang-orang yang tertarik dengan bidang elektronika khususnya Arduino.

Technocorner 2021 sendiri akan digelar secara daring via Zoom dan YouTube Live, dengan begitu harapannya dapat menambah antusiasme masyarakat untuk ikut serta meramaikan acara ini.

Ir. Muhammad Waziz Wildan, M.Sc., Ph.D. Dekan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, mengatakan melalui acara Technocorner diharapkan mampu mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas, khususnya di kalangan anak muda dari pelajar, mahasiswa dan umum di tengah perkembangan teknologi yang demikian pesat melalui Webinar Nasional serta berbagai lomba di bidang teknik elektro dan teknologi informasi.

Sarjiya ST., MT., Ph.D. selaku Ketua Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Technocorner 2021 diadakan dengan tujuan untuk mendorong antusiasme mahasiswa, pelajar sma serta masyarakat umum dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0 yang saat ini sudah berada di depan mata.

"Teknologi semacam IoT, Machine Learning dan Artificial Intelligence menjadi karakteristik dari revolusi 4.0 ini . Kami berharap dengan adanya acara ini, masyarakat akan semakin antusias untuk memajukan teknologi di Indonesia," katanya.

Selain terdapat berbagai kegiatan lomba, Technocorner 2021 juga mengadakan sebuah Webinar Nasional yang bertemakan “Innovative Technology to Prepare The Post-Pandemic Society”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas akan pentingnya strategi teknologi di masa pandemi dan setelah pandemi. Dengan strategi teknologi yang baik, kehidupan setelah pandemi akan menjadi lebih mudah.

Sehubungan dengan hal tersebut, Technocorner 2021 menghadirkan pembicara-pembicara hebat pada Webinar Nasional ini, salah satunya adalah Prof. Kuwat Triyana, Ketua Tim pengembangan GeNose C19. Nantinya beliau akan menjelaskan mengenai teknologi GeNose yang hadir untuk mendeteksi virus COVID-19 dan membantu masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan diri menuju era pasca-pandemi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Technocorner 2021 dapat diakses pada laman website www.technocornerugm.com atau Instagram: @technocornerugm atau dapat menghubungi 089674555560.