Kuota CPNS DIY Masih Jauh dari Kebutuhan

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
28 Mei 2021 19:37 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY mengakui kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diterima DIY tahun ini masih jauh dari kebutuhan pegawai. Kuota CPNS tahun ini hanya 56 formasi dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPK) sebanyak 210 formasi.

Sementara Aparatus Sipil Negara (ASN) atau PNS di lingkungan Pemda DIT yang pensiun setiap bulannya mencapai 100 orang lebih.

“[Kuota CPNS] ini jauh dari yang kita ajukan lebih banyak, lebih dari ini kuota ini. Kita itu kalau pensiun total PNS di Pemda DIY itu bisa tiap bulan 100an. Masih jauh [dari kebutuhan],” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, di Kompleks Kepatihan, Jumat (28/5/2021).

Total ASN DIY saat ini tercatat sekitar 14.000an. menurut Aji idealnya ASN DIY lebih dari jumlah yang ada saat ini. Untuk mengantisipasi kekurangan pegawai, Pemda DIY terpaksa merekrut tenaga bantuan terutama untuk menempati posisi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga lainnya di Pemda DIY.

BACA JUGA: Pesawat Latih Jatuh di Bumi Perkemahan Cibubur

Namun demikian kuota CPNS dan PPPK yang didapat Pemda DIY tahun ini tetap berarti dan akan ditempatkan sesuai formasi. Mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) ini menambahkan seleksi CPNS dan PPPK tahun ini akan dimulai dengan seleksi administrasi dan pengumuman hasil pada 1-30 Juni.

Masa sanggah 1-11 Juni, seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Juli-September 2021. Sementara seleksi kompetensi PPPK non guru akan digelar pada Juli-September mendatang. Seleksi kompetensi PPPK guru itu tes pertama Agustus 2021, tes kedua Oktoter 2021, tes ketiga Desember 2021.

Seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS September-Oktober 2021, pengumuman akhir dan masa sanggar November 2021. Adapun penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS dan nomor induk PPPK pada Desember 2021.