Penasaran dengan Kedalaman Sungai Oya di Hutan Wanagama, Pelajar Gunungkidul Tewas Tenggelam

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
04 Juni 2021 13:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Seorang pelajar warga Padukuhan Ngleri Kulon, Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen, Dimas Zikri Lindu Wicaksono,14, meninggal udunia akibat tenggelam di Sungai Oya, Kawasan Hutan Wanagama petak 16, Kalurahan Gading, Playen.

Korban meninggal didiuga karena nekat ingin mengetahui kedalaman sungai meski tidak bisa berenang. “Kejadian berawal saat korban dan lima rekannya berangkat ke Sungai Oya hutan wanagama petak 16, Kamis 3 Juni sekitar pukul 14.30 WIB untuk berenang di sungai. Setibanya di sungai tersebut, sekira pukul 14.45 WIB keenam orang ini mulai bermain air di pinggiran sungai,” ucap Kapolsek Playen AKP Hajar Wahyudi, Jumat (4/6/2021).

Dikatakannya bahwa korban merasa penasaran dengan kedalaman air. Kemudian mencoba ke tengah dan berdasar keterangan rekannya, sebenarnya Dimas sudah diperingatkan. Namun, korban tetap ke tengah dan terseret arus lalu tenggelam di sungai.

BACA JUGA: Kelompok Usia Ini Paling Rentan Alami Sakit Covid-19 Berkepanjangan

Rekan korban sempat mencoba menolong, dan sempat menggapai kaki rekannya itu. Namun, kondisi korban sudah lemas, dan melepaskan pegangan. Kelima rekan korban juga meminta bantuan kepada masyarakat yang ada di sekitar. Teriakan mereka terdengar oleh orang yang mencari rumput dan orang itu menghubungi polisi.

Kemudian sekitar 20 menit pencarian, korban berhasil ditemukan dalam keadaan yang lemas, dan tidak ada denyut nadi. “Dibawa oleh anggota ke rumah sakit dan setelah dilakukan penangganan dinyatakan meninggal,” katanya.