Begini Rencana Vaksinasi Covid-19 untuk Pedagang Pasar di Sleman

Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak\\r\\n
07 Juni 2021 23:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman menargetkan sebanyak 11.000 pedagang pasar tradisional divaksin hingga akhir Juni ini. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis AstraZeneca bagi pedagang pasar di Sleman akan digelar mulai Rabu (9/6/2021) besok.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan pelaksanaan vaksinasi bagi para pedagang pasar dimulai Minggu ini. "Targetnya sampai akhir Juni sekitar 10.000 hingga 11.000 pedagang pasar tradisional di Sleman dapat tervaksin," kata Joko kepada Harian Jogja, Senin (7/6/2021).

Pelaksanaan vaksin sendiri, lanjut Joko akan dilakukan secara massal san melibatkan pedagang dari sejumlah pasar. Kondisi tersebut berbeda dengan yang sebelumnya digelar Dinkes dengan mendatangi satu-persatu pasar. Seperti di Pasar Gentan dan Pasar Sambilegi beberapa waktu lalu.

"Untuk saat ini, vaksinasi pedagang pasar diawali di GOR Pangukan khusus untuk pedagang Pasar Sleman dan sekitarnya. Kami gelar selama dua hari mulai 9 dan 10 Juni," kata Joko.

BACA JUGA: Ini Penyebab Anak Muda Terkena Masalah Kolesterol

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman sekaligus Ketua Pokja KIPI Sleman Novita Krisnaeni menjelaskan untuk pelaksanaan vaksinasi pedagang pasar ini digelar di beberapa titik dengan jadwal dan jumlah sasaran yang berbeda-beda.

Pelaksanaan vaksinasi di GOR Pangukan misalnya, diikuti oleh pedagang Pasar Sleman 1, Pasar Sleman 2, Pasar Denggung, Pasar Bangkung dan Pasar Pangukan. Total target sasaran sebanyak 1.920 orang. "Digelar selama dua hari, masing-masing sasaran sebanyak 920 orang per hari," paparnya.

Pemberian vaksin dilanjutkan pada 14-15 Juni di Pasar Prambanan. Total target pedagang yang divaksin sebanyak 1.451 orang. "Pada 15 Juji nanti juga ada vaksinasi di Balai Kalurahan Madurejo, Prambanan. Ini untuk pedagang pasar Potrojayan, Kenaran dan Tegalsari dengan total sasaran 517 orang," jelas Novi.

Kegiatan vaksinasi dilanjutkan di Barak Pengungsian di Ngemplak pada 18 Juni. Di wilayah ini, ditargetkan sebanyak 1.387 pedagang pasar baik dari Pasar Jangkang, Kejambon dan Wonosari yang diberi vaksin. "Kegiatan vaksin dilanjutkan di Lokasi Kuliner Belut Godean pada 21 Juni. Ini untuk pedagang Pasar Godean, Pasar Ngijon, Ngino, Balangan, dan Kuliner Belut dengan jumlah sasaran 768 orang," katanya.

Untuk vaksinasi Covid-19 bagi pedagang Pasar Gamping digelar pada 22 Juni dengan jumlah sasaran 580 orang. Pelaksanaan vaksinasi pedagang pasar di wilayah Pakem, dipusatkan di Balai Kalurahan Candibinangun pada 24 Juni. Ini untuk mengakomodasi pedagang Pasar Pakem, Pasar Turi dan Terminal Pakem. "Total sasarannya ada 1.274 orang pedagang," kata Novi.

Untuk vaksinasi pedagang Pasar Tempel dan sekitarnya digelar pada 29 Juni. Total sasaran sebanyak 1.113 orang baik dari Pasar Tempel, Pasar Ngablak maupun Pasar Medari. Sasaran terakhir vaksinasi merupakan pedagang yang berada di Taman Kuliner Condongcatur (TKC) dan Pasar Condongcatur.

"Lokasinya di TKC pada 30 Juni dengan jumlah sasaran 1.921 orang. Kami targetkan sampai akhir Juni sebanyak 10.931 pedagang pasar sudah tervaksin. Sebelumnya kami sudah menvaksin pedagang di dua pasar (Gentan-Sambilegi) sebanyak 580 orang," katanya.