Advertisement

Kasus Covid-19 di Kota Jogja Naik, Ini Rekomendasi Dewan

Yosef Leon Pinsker
Minggu, 13 Juni 2021 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Kasus Covid-19 di Kota Jogja Naik, Ini Rekomendasi Dewan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Jogja, Antonius Fokki Ardiyanto meminta agar Satgas Penanganan Covid-19 wilayah setempat untuk memperhatikan ketersediaan tempat tidur di sejumlah rumah sakit rujukan. Hal ini penting mengingat kasus Covid-19 mulai agak melonjak beberapa pekan terakhir di Kota Jogja.

Politisi PDIP ini mengungkapkan bahwa, dalam rapat yang digelar bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait pada pekan lalu, dirinya sudah mengingatkan serta mengusulkan agar ketersediaan tempat tidur menjadi fokus Satgas Covid-19 Kota Jogja dalam penanganan pasien Covid-19.

Advertisement

Hal ini menjadi salah satu kunci menekan penyebaran Covid-19 dari 3T yang disarankan pemerintah. "Selain tracing dan testing, tentunya treatmen kepada pasien Covid-19 mesti optimal," ujarnya Minggu (13/6/2021).

BACA JUGA: Covid-19 DIY Naik Lagi, Sehari 466 Warga Terkonfirmasi Positif

Fokki juga meminta dinas terkait untuk ekstra dalam memantau perkembangan dan situasi Covid-19, sehingga dapat segera diambil kebijakan-kebijakan yang konkret sebagai wujud bahwa keselamatan rakyat menjadi hukum tertinggi.

Dirinya juga menawarkan, guna mempercepat proses pembentukan kekebalan kelompok dinas kesehatan bisa menggunakan gedung DPRD sebagai lokasi penyuntikan vaksin Covid-19. Sebab, selama ini dinas kesehatan mengaku cukup kesulitan untuk menyediakan ruangan yang cukup luas guna proses vaksinasi.

"Kami menawarkan kepada dinas kesehatan untuk dapat menggunakan gedung DPRD sebagai lokasi vaksinasi massal, dan ini disambut baik yang memang dinas mengakui bahwa kesulitan dalam mencari lokasi yang luas dan representatif," ujarnya.

Dalam rapat itu, pihak dinas kesehatan juga menyebut bahwa ketersediaan tempat tidur baik yang ICU dan yang tidak masih terkondisi termasuk persoalan oksigen. Rumah sakit juga disebut siap berkoordinasi jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan pasien Covid-19 dan membutuhkan tempat tidur tambahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement