Advertisement

Kampanyekan Program UMY Sehat, UMY Gelar Bersepeda Bersama dan Menanam Pohon

Media Digital
Minggu, 13 Juni 2021 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kampanyekan Program UMY Sehat, UMY Gelar Bersepeda Bersama dan Menanam Pohon Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar sepeda bersama dalam rangka Hari Sepeda Sedunia serta Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu (12/6/2021). - Ist/UMY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengambil kebijakan untuk melaksanakan kegiatan secara offline dengan mengutamakan protokol kesehatan. Salah satunya penyelenggaraan Carbon Footprint Reduction Campaign (CFRC) 2021, dalam rangka mewujudkan UMY Sehat dan partisipasi kampus pada Hari Sepeda Sedunia serta Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu (12/6/2021).

Pada CFRC 2021 ini, diadakan kegiatan bersepeda bersama sivitas akademika dan menanam 100 pohon di lahan seluas 8.000 M2 calon lokasi UMY Edupreneurship Center.

Advertisement

CFRC merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh UMY setiap tahunnya, sebagai bentuk kepedulian kampus dalam mengurangi emisi karbon, dengan cara bersepeda. Hal tersebut disampaikan oleh wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia UMY, Prof. Dr. Nano Prawoto, SE., M.Si.

"Dalam kurun waktu empat tahun terakhir kita dinobatkan sebagai Green Campus tentu akan terus kita pertahankan. Salah satunya dengan kegiatan Carbon Footprint Reduction Campaign 2021, yang salah satunya dengan menanam pohon," katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu. 

Lebih lanjut, menurut Nano menanam pohon merupakan salah satu bentuk penyerapan CO2 yang memang menjadi fokus utama kampanye kegiatan ini. "Semua ini kami lakukan semata-mata untuk membuat lingkungan kampus kondusif dan hijau. Satu sisi insannya sehat, lingkungannya mendukung, produksi oksigen melimpah, dan sivitas akademika tentunya akan semakin produktif." imbuhnya.

Baca juga: Bertahan selama Pandemi, Guru dan Wali Siswa SPS An Nurumi Kalasan Bikin Pot Lukis

Program tersebut juga selaras dengan milestone UMY yaitu untuk menjadi International Reputable University, yang salah satu indikatornya adalah UI Green Metric. Saat ini UMY menempati posisi 134 dunia UI GreenMetric sebagai kampus terhijau.

Sementara itu, Slamet Riyadi, Ph.D, salah satu penanggung jawab acara menjelaskan teknis kegiatan CFRC 2021. Acara yang dimulai pukul 06.00 WIB tersebut diawali dengan bersepeda mengunjungi beberapa tempat bersejarah UMY seperti Klinik Firdaus di Jl. Tendean yang pernah menjadi kampus 2. "Kemudian berlanjut ke Asri Medical Center (AMC) di Wirobrajan yang menjadi kampus 1, serta mengunjungi percetakan Gramasurya yang pernah menjadi tempat berkuliah Fakultas Kedokteran UMY. Selain itu, ada misi khusus yang dibawa pada kegiatan bersepeda kali ini, yakni mengkampanyekan bahwa sivitas akademika UMY dapat memberikan contoh bersepeda yang aman dan tertib lalu lintas." katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., beserta istri, menyambut secara langsung rombongan pesepeda UMY di depan kediaman pribadinya.

Sebagai penanggung jawab Green Campus, Ir. Tony K. Hariadi, S.T, M.T menambahkan bahwa kegiatan CFRC 2021 ini sendiri diakhiri dengan penanaman 100 pohon di lahan milik kampus seberang gerbang utama kampus terpadu UMY. Kendati CFRC 2021 melibatkan lebih dari 100 peserta, protokol kesehatan tetap dilaksanakan sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Social distancing, pakai masker, hand sanitizer, sudah kami siapkan. Seluruh peserta tidak kami berangkatkan bersepeda sekaligus, bertahap terbagi menjadi 4 group, masing-masing 25 peserta. Jadi tidak berkerumun, apalagi lahan yang menjadi tempat penanaman pohon memiliki luas 8.000 meter persegi dengan tempat terbuka." pungkas Tony. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement