Bantul Tambah 2 Selter untuk Tampung Pasien Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
25 Juni 2021 14:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pemerintah Kapanewon Sewon memastikan akan ada dua selter baru yang dikelola oleh Pemkab Bantul di wilayahnya dalam waktu dekat. Kedua selter tersebut adalah selter Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sewon dan selter bangunan eks Pyramid.

Panewu Sewon Danang Irwanto mengatakan, saat ini di Sewon sejatinya telah ada dua selter yang dikelola oleh Pemkab Bantul, yakni selter Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDMP), Niten, Pendowoharjo dan selter eks RS Veteran Patmasuri, Panggungharjo.

Namun, dalam perkembangannya, karena adanya peningkatan jumlah pasien Covid-19, maka Pemkab Bantul akan membuka dua selter baru di Sewon.

BACA JUGA: KPK Batasi Kehadiran Fisik Pegawai Sebanyak 25% demi Tekan Corona

“Untuk yang di SKB Sewon sudah 80 persen dan siap untuk dipakai. Sedangkan, untuk gedung eks Pyramid, memang perlu adanya pembenahan. Kami masih menunggu, dari Pemkab, soal kepastian kapan selter ini dipakai,” kata Danang, Jumat (25/6/2021).

Lebih lanjut Danang mengungkapkan, untuk SKB Sewon, dari kapasitas 40 tempat tidur, nantinya bisa dimaksimalkan menjadi 68 tempat tidur. Sedangkan untuk gedung eks Pyramid, memiliki kapasitas 100 tempat tidur. Hanya saja, sampai saat ini Danang mengaku pihak kapanewon masih menunggu kejelasan dari Pemkab terkait dengan kapan kedua selter tersebut akan digunakan.

“Intinya kami menunggu dari Pemkab dan Dinkes. Sebab, dua lokasi selter ini juga telah ditinjau dan siap. Mungkin tinggal lakukan beberapa pembenahan saja,” jelasnya.

Sekda Bantul, Helmi Jamharis mengatakan selain menambah dua selter di Sewon, saat ini pihaknya juga terus berupaya menambah 30 hingga 40 tempat tidur untuk selter eks RS Veteran Patmasuri, yang ditarget selesai awal Juli mendatang. Target yang sama juga dilakukan untuk penyiapan selter di SKB Sewon.

“Kalau untuk gedung eks Pyramid kami usahakan Juli," katanya.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan selain menambah tempat tidur dan membuka selter baru, sejumlah antisipasi telah dilakukan Pemkab Bantul.

“Kami telah merekrut banyak SDM dari relawan-relawan Covid. Mereka bertugas di selter maupun rumah sakit,” terang Halim.