Advertisement

Jelang Iduladha, DP2KP Bantul Perketat Penampungan dan Penyembelihan Hewan

Jumali
Senin, 28 Juni 2021 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jelang Iduladha, DP2KP Bantul Perketat Penampungan dan Penyembelihan Hewan Ilustrasi pemeriksaan kesehatan hewan kurban. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Bantul fokus mengawasi penerapan protokol kesehatan dan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) menjelang Iduladha 2021. Hal itu dilakukan karena DP2KP tidak ingin ada penularan Covid-19 di tempat penampungan maupun penyembelihan hewan kurban.

"Selain itu, kami juga ingin memastikan hewan yang masuk ke Bantul sehat. Punya SKKH. Untuk itu ada pengecekan ulang untuk hewan yang datang," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DP2KP Bantul, Joko Waluyo, Minggu (27/6/2021).

Advertisement

Menurut Joko pemeriksaan dan sosialisasi prokes telah mulai dilakukan pekan lalu, dengan melibatkan 10 pusat kesehatan hewan (puskeswan) di Bantul. "Untuk hewan kurban, kebanyakan memang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," ucapnya.

Baca juga: Ini Saran WHO agar Indonesia Tak Kalah Melawan Covid

Terkait dengan titik-titik penjualan hewan kurban dan penyembelihan hewan di wilayahnya, Joko mengaku sampai saat ini masih terus menghitung. Sebab, sampai saat ini pihaknya masih menunggu SE pelaksanaan kegiatan kurban dalam situasi Covid-19.

Kendati demikian, Joko memerkirakan jumlah penampungan hewan kurban di Bantul saat ini ada 70 titik dan titik penyembelihan sekitar 2.200 titik.

“Sedangkan untuk jumlah yang dipotong adalah 21.000 ekor kambing dan 200 ekor sapi. Jumlah ini kemungkinan turun pada tahun ini,” ungkap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement