Jelang Iduladha, DP2KP Bantul Perketat Penampungan dan Penyembelihan Hewan

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan hewan kurban. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
28 Juni 2021 10:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Bantul fokus mengawasi penerapan protokol kesehatan dan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) menjelang Iduladha 2021. Hal itu dilakukan karena DP2KP tidak ingin ada penularan Covid-19 di tempat penampungan maupun penyembelihan hewan kurban.

"Selain itu, kami juga ingin memastikan hewan yang masuk ke Bantul sehat. Punya SKKH. Untuk itu ada pengecekan ulang untuk hewan yang datang," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DP2KP Bantul, Joko Waluyo, Minggu (27/6/2021).

Menurut Joko pemeriksaan dan sosialisasi prokes telah mulai dilakukan pekan lalu, dengan melibatkan 10 pusat kesehatan hewan (puskeswan) di Bantul. "Untuk hewan kurban, kebanyakan memang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," ucapnya.

Baca juga: Ini Saran WHO agar Indonesia Tak Kalah Melawan Covid

Terkait dengan titik-titik penjualan hewan kurban dan penyembelihan hewan di wilayahnya, Joko mengaku sampai saat ini masih terus menghitung. Sebab, sampai saat ini pihaknya masih menunggu SE pelaksanaan kegiatan kurban dalam situasi Covid-19.

Kendati demikian, Joko memerkirakan jumlah penampungan hewan kurban di Bantul saat ini ada 70 titik dan titik penyembelihan sekitar 2.200 titik.

“Sedangkan untuk jumlah yang dipotong adalah 21.000 ekor kambing dan 200 ekor sapi. Jumlah ini kemungkinan turun pada tahun ini,” ungkap Joko.