Corona Merajalela, Pengelola Memilih Tutup Wisata HeHa Sky View & HeHa Ocean View

Sejumlah pengunjung menikmati pemandangan senja dari kawasan wisata HeHa Sky View di Kapanewon Patuk-Harian Jogja - David Kurniawan\\r\\n
30 Juni 2021 20:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemkab Gunungkidul memastikan tidak ada penutupan destinasi wisata selama perpanjangan PPKM Mikro. Meski demikian, beberapa pengelola wisata berinisiatif tutup untuk berpartisipasi dalam upaya menekan laju penularan virus Corona.

Destinasi wisata yang tutup di antaranya HeHa Sky View di Kapanewon Patuk. Selain itu, HeHa Ocean View di Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang juga tutup mulai Rabu (30/6/2021) hingga 5 Juli mendatang.

Manajer Utama HeHa Sky View, Aprio Rabadi mengatakan, destinasi wisata yang dikelola akan tutup sementara waktu mulai Rabu hingga 5 Juli. Ia menjelaskan, penutupan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk menekan laju penularan virus Corona.

“Kami tutup sementara. Kepada calon pengunjung harap memakluminya,” katanya, Rabu.

BACA JUGA: 1.500 WNI di Kuala Lumpur Terjebak Tak Bisa Keluar Rumah karena Kebijakan Lockdown

Aprio berharap dengan kebijakan ini dapat memberikan kontirbusi positif terhadap upaya pemerintah dalam percepatan pengendalian virus corona yang akhir-akhir ini melonjak secara signifikan. “Harapannya pandemic segera berakhir dan kami akan terus berkontribusi dalam upaya menekan laju penularan,” ungkapnya.

Adapun penutupan HeHa Ocean View terlihat dari akun instagram resmi yang dimiliki. Didalam postingan tersebut disampaikan informasi bahwa dalam upaya mendukung program Perpanjangan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Heha Ocean View tutup hingga 5 Juli mendatang.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Heha Ocean View dalam waktu dekat ini bisa melakukan reschedule kunjungannya. Dalam postingan itu, Heha meminta masyarakat taat terhadap prokes, dengan menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, pihaknya belum mendapatkan surat resmi berkaitan penutupan sejumlah destinasi wisata. Ia mengakui ada bebrapa destinasi yang berinisiatif utup guna mendukung pemerintah dalam memerangi virus corona. “Saya baru tahun lewat akun instagramnya. Misalnya di HeHa memosting pemberitahuan tutup sementara waktu,” katanya.

Ia pun mengapresiasi langkah yang diambil pengusaha untuk mendukung program pemerintah untuk mengurangi penularan Covid-19. “Berarti ada kepedulian, apalagi perkembangan kasus sedang meningkat saat ini. Kami mengarpresiasi keputusan tersebut,” katanya.

Hary menabahkan, sesuai dengan Instruksi Bupati tentang Perpanjangan PPKM Mikro tidak ada penutupan destinasi wisata. Namun ada ketentuan, bagi pengunjung dari luar daerah untuk membawa rapid antigen atau menunjukkan bebas covid-19 saat berkunjung. Selain itu kapasitas lokasi maksimal hanya 25 persen, serta kunjungan maksimal pukul 18.00 WIB.