262 WBP Dinyatakan Sembuh Covid 19, Kadivpas Apresiasi Keberhasilan Satgas Internal Lapas Narkotika Yogyakarta

Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta. - Istimewa
01 Juli 2021 00:27 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Gusti Ayu Putu Suwardani memantau Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta pada Senin (28/06/21), dan melihat langsung penanganan dan penanggulangan Pandemi Covid-19 yang tengah melanda Lapas tersebut.

Pada awal Bulan Juni 202, terkonfirmasi 13 petugas dan 262 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Yogyakarta terpapar Covid-19.

Berdasarkan hal tersebut, Satgas Internal Lapas Narkotika Yogyakarta telah berjuang dalam penanganan Covid-19 tersebut. Berbagai dukungan pun telah datang dari berbagai pihak.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Kepala Lapas Natkotika Kelas IIA Yogyakarta, Cahyo Dewanto, Satgas Covid-19 Internal telah berhasil menanggulangi Virus Covid-19 tersebut. Keberhasilan itu dapat dilihat dari seluruh Petugas maupun WBP yang terpapar virus tidak ada yang mengalami gangguan berat sampai selesai massa isolasi selama 14 hari.

Setelah diberlakukan lock down, dan dilakukan upaya-upaya seperti penyemprotan desinfektan secara rutin, pemberian vitamin, pemberian makanan yang bergizi dan berkualitas, serta motivasi kepada seluruh Petugas dan WBP yang terpapar virus tersebut, pada hari ke 14 Lapas Narkotika Yogyakarta telah siap untuk kembali memberikan pelayanan. Para WBP yang telah melewati masa isolasi di dalam blok akan dibuka kembali secara bertahap setelah WBP tersebut dipastikan negatif.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gusti Ayu Putu Suwardani mengapresiasi perjuangan Pejabat Struktural, Petugas Medis, Petugas Regu Jaga, serta seluruh Staf yang tergabung dalam penanggulanagan Virus Covid-19. Beliau juga menyampaikan apresiasi keberhasilan Satgas Covid-19 Internal Lapas Narkotika Yogyakarta, dan berharap kejadian di Lapas Narkotika Yogyakarta bisa menjadi pelajaran untuk seluruh UPT Pemasyarakatan khususnya di wilayah Yogyakarta.

"Luar biasa, saya sangat mengapresiasi kinerja tenaga kesehatan dan semua Petugas Lapas Narkotika yg sudah berjuang melawan Pandemi Covid yang tengah melanda. Berkat kerja kerasnya, Pandemi Covid bisa teratasi, dan sampai dengan 14 hari masa isolasi, tidak ada WBP maupun Petugas yang mengalami gangguan berat yang diakibatkan virus tersebut." Jelas Gusti Ayu.

Dalam kesempatan tersebut, Gusti Ayu juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan kepada Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta yang tengah berjuang melawan Pandemi Covid-19.

"Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut serta memberikan dukungan berupa material maupun moral kepada Lapas Narkotika Yogyakrta." Tutup Gusti Ayu.

Sumber : Siaran pers