UMY Wujudkan Kolaborasi Pentahelix dengan BPPT

Suasana penandatangan MoU dan Perjanjian Kerjasama (PKS) riset dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), antara UMY dengan BPPT pada Rabu, 30 Juni 2021, secara daring. - Ist/UMY
02 Juli 2021 11:17 WIB Media Digital Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Kolaborasi pentahelix diperlukan untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Oleh karena itu UMY menjalin kerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Upaya Mendukung Peningkatan Sumber Daya Manusia.

Kerjasama ini diawali dengan penandatangan MoU dan Perjanjian Kerjasama (PKS) riset dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), antara UMY dengan BPPT pada Rabu, 30 Juni 2021, secara daring.

Dari pihak UMY, MoU ditandatangani oleh Rektor UMY- Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., dan Kepala BPPT - Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc. IPU. Kemudian penandatangan PKS oleh UMY diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik - Prof. Dr. Sukamta, MT., IPM., dan dari Pihak BPPT diwakili oleh Sekretaris Utama BPPT - Ir. Dadan Moh. Nurjaman, M.T.

Rektor UMY menyampaikan bahwa UMY sangat mengapresiasi Kerjasama dengan BPPT ini, untuk bersinergi meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan sinergi Riset Nasional. "Saat ini tantangan MBKM sangat luar biasa. Perguruan Tinggi tidak berada dalam ruang yang sendiri, tidak bisa sendirian tanpa Kerjasama, juga tidak bisa jauh dari masyarakat. Oleh karena itu UMY diharapkan dapat meningkatkan kinerja penelitian menuju Research Excellent University," katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (2/7/2021). 

Sementara itu Kepala Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) UMY, Dr. Dyah Mutiarin, MSi., dan juga Dr. Gatot Supangkat, MP., IPM., selaku Kepala Lembaga Pengabdian pada Masyarakat mengharapkan MoU ini mampu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung UMY menjadi Research Excellent University pada 2025 yad.

UMY bersama BPPT diharapkan bekerjasama dalam melakukan hilirisasi riset dan inovasi, karena baik UMY maupun BPPT memiliki jaringan (networking) dengan mitra Penelitian baik dalam dan luar negeri. Juga menekankan pentingnya pelaksanaan riset serta MBKM bagi mahasiswa maupun staf, dengan dukungan BPPT yang memiliki infrastruktur (laboratorium, workshop, dan pilot plant) yang lengkap dan maju, maka kedua belah pihak dapat menghasilkan produk teknologi hasil kerekayasaan yang siap untuk dihilirisasikan.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasionalisasi, didampingi Kepala Divisi Kerjasama Dalam Negeri - Sutantri, S.Kep., Ns., M.Sc.- memilih BPPT sebagai mitra strategis UMY karena BPPT merupakan lembaga pemerintah yang berfungsi sebagai sumber dan infrastruktur teknologi nasional yang diperlukan untuk mendorong daya saing perekonomian Nasional, yang juga selaras dengan upaya peningkatan kapasitas riset dan inovasi. Kesempatan Kerjasama dengan BPPT ini membuka pintu gerbang UMY dalam melakukan link and match dengan dunia industri yang dihasilkan melalui riset kerjasama diantaranya dengan BPPT. (ADV)