300.000 Mahasiswa UT Ikuti Ujian Daring

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
05 Juli 2021 12:17 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Puncak proses pembelajaran mahasiswa adalah mengikuti Ujian Akhir Semester. Tujuan evaluasi ini adalah untuk mengukur pencapaian hasil belajar mahasiswa dalam satu semester. Dengan kegiatan akademis ini dapat diketahui tingkat keberhasilan belajar mahasiswa dan menentukan kelulusan pada tiap mata kuliah. Hasil ini digunakan sebagai standar bagi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang semester berikutnya atau pengambilan mata kuliah yang lain yang mewajibkan kelulusan mata kuliah tertentu.

Universitas Terbuka (UT), sebagai PTN dengan sistem pembelajaran jarak jauh, menyelenggarakan Ujian Akhir semester secara daring. Situasi pandemi pada gilirannya mendorong UT untuk terus berinovasi dalam layanan pendidikan yang selaras dengan dengan tiga pilar utama program UT, yaitu memaknai kembali kewibawaan akademik, peningkatan angka partisipasi mahasiswa, dan peningkatan tata kelola.

Dalam layanan ujian, UT mengembangkan platform ujian dengan modus Take Home Exam. Platfrom Take Home Exam ini menjadi wadah bagi 300.000 mahasiswa UT yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan WNI yang berdomisili di luar negeri untuk mengikuti Ujian Akhir semester.

Take Home Exam berlangsung selama dua pekan, mulai 3 Juli sampai dengan 14 Juli 2021. Take Home Exam dikuti secara serentak oleh mahasiswa di 39 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) dan UT Layanan Luar Negeri, termasuk diantaranya 10.000 mahasiswa yang berasal UPBJJ-UT Yogyakarta atau dikenal UT Yogyakarta.

Ujian Akhir semester dengan modus Take Home Exam yang dilaksanakan oleh UT ini bersifat fleksibel. Dalam arti mahasiswa dapat melaksanakan ujian di tempat di mana mahasiswa berdomisili, tanpa perlu datang ke lokasi-lokasi ujian. Meskipun demikian, sistem ujian yang dijalankan tetap menjunjung integritas akademik yang berlaku di UT.

Pada situasi pandemi, sistem ujian ini sesuai dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Di masa normal pun, dengan kelebihan sistem ujian dan ketersebaran layanan, mahasiswa dapat mengikuti ujian tanpa dibatasi di mana mahasiswa terdaftar. Sebagai contoh, mahasiswa UT Yogyakarta yang pada saat ujian berada di Jakarta, maka mahasiswa tersebut dapat mengikuti ujian di UT Jakarta.

Di sela-sela kegiatan Ujian Akhir semester, saat ini UT membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana untuk Tahun Akdemik 2021/2022. UT terdiri atas 4 fakultas dan menyelenggarakan 42 program studi, mulai dari jenjang iploma, sarjana, magister, dan doktor. Seluruh program studi di UT telah terakreditasi A dan B. Penerimaan mahasiswa baru berlangsung sampai dengan 11 Agustus 2021. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://sia.ut.ac.id/.

Sistem perkuliahan di UT yang fleksibel yang memungkinkan mahasiswa dapat belajar di manapun dan kapanpun. UT menawarkan beragam program studi, skema layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan, terakreditasi, dan biaya yang terjangkau. Keunggulan tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat, baik bagi lulusan SMA dan sederajat atau karyawan yang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi tanpa harus meninggalkan pekerjaan. Pembelajaran Jarak Jauh di UT diselenggarakan dalam berbagai bentuk, modus, dan cakupan yang didukung oleh sarana dan layanan belajar serta sistem penilaian yang menjamin mutu lulusan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (ADV)