Advertisement

Siap-siap! Jogja Segera Buka Vaksinasi untuk Anak

Sunartono
Selasa, 06 Juli 2021 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
Siap-siap! Jogja Segera Buka Vaksinasi untuk Anak Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja segera membuka pendaftaran vaksinasi untuk anak secara online. Program ini akan menggunakan vaksin Sinovac dengan menyasar usia antara 12 tahun hingga 17 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja Emma Rahmi Aryani mengatakan meski layanan vaksinasi untuk lansia dan pra-lansia belum sepenuhnya tuntas, Pemerintah Kota Jogja akan membuka pendaftaran vaksinasi untuk anak. Adapun usia anak yang diperbolehkan untuk vaksinasi sesuai ketentuan yaitu 12 tahun hingga 17 tahun.

Advertisement

“Karena banyak permintaan dan sudah ada ketentuan dari Pusat, kami juga akan membuka layanan untuk anak dalam hal ini usia 12 sampai 17 tahun, jadi harus 12 tahun lebih, hari itu harus sudah 12 tahun, misalnya kurang lima hari tetap tidak boleh mendaftar,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (6/7/2021).

Emma mengatakan Dinkes Jogja masih membuat aplikasi pendaftaran bersama Dinas Kominfo. Aplikasi ini kemungkinan jadi pada dua pekan ke depan, sehingga baru dimulai pendaftaran secara online.

Vaksinasi untuk anak di Kota Jogja akan menggunakan Sinovas. Ia memastikan vaksin ini aman untuk anak, selain telah mendapatkan fatwa halal dari MUI dan ada jaminan keamanan dari BBPOM. Ia mengimbau kepada warga Kota Jogja agar tidak ragu dalam mendaftarkan vaksinasi untuk anak.

“Tidak perlu ragu dan takut anak ikut vaksinasi, ini salah satu upaya mencegah penularan Covid-19. Meski tidak menjadi satu-satunya upaya untuk memutus mata rantai penularan,” ucapnya.

Dinas Kesehatan Kota Jogja bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi yang memiliki konsentrasi ilmu kesehatan dan kedokteran.

“Kami berhitung tenaga, sekarang puskesmas banyak terpapar, saat ini kami berupaya bekerja sama dengan institusi pendidikan untuk mencari sukarelawan untuk membantu vaksinasi. Terutama dengan kampus yang memiliki fakultas kesehatan dan kedokteran seperti Stikes, UII, UAD dan lain-lain,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement