Sultan Imbau Pasien Positif Covid-19 Isolasi di Selter

Kondisi selter RS Patmasuri di Sewon, Bantul yang digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid/19/Ist
18 Juli 2021 13:37 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk melakukan isolasi di selter atau tidak melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah karena rawan tanpa adanya pengawasan dan pendampingan.

“Pasien positif diimbau melakukan isolasi di selter-selter yang ada, karena isolasi mandiri tanpa adanya pengawasan dan pendampingan dapat menimbulkan efek yang lebih fatal baik bagi diri sendiri, anggota keluarga yang lain, maupun masyarakat sekitar,” kata Sultan, Sabtu (17/7/2021).

Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih mengatakan masih banyak selter yang kosong, namun banyak masyarakat yang enggan memanfaatkannya. Menurut Endang, selter sengaja didirikan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Baca juga: Sepekan, 5 Juta Orang Telah Divaksin Covid-19 Dosis Pertama

Saat ini dari 32 selter yang sudah didirikan dan difasilitasi Dinas Sosial DIY serta pemerintah kabupaten dan kota, namun baru 17 selter yang dimanfaatkan. Ke-17 selter tersebut juga masih belum penuh atau ketersediaan bed masih banyak.

“Saya minta kepada masyarakat yang positif ayo untuk isolasi di selter. Di selter lebih aman ada tenaga medis, pendamping koordinator, vitamin, makan 3 kali sehari, dan ada kudapan,” kata Endang.

“Di selter lebih terpantau, mari manfaatkan selter untuk isolasi agar anda aman dan sehat,” tandas Endang.