Advertisement

Kraton Tiadakan Gerebeg Besar, Ubarampe Gunungan Dibagikan Bertahap

Sirojul Khafid
Selasa, 20 Juli 2021 - 13:37 WIB
Sunartono
Kraton Tiadakan Gerebeg Besar, Ubarampe Gunungan Dibagikan Bertahap Foto Ilustrasi warga dan wisatawan berebut beragam sesaiji yang terdapat pada gunungan dalam upacara tradisi Garebeg Sawaltahun sebelum pandemi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Kraton Jogja meniadakan arak-arakan prajurit dan Gunungan Garebeg Besar peringatan Hari Raya Idul Adha tahun ini atau Selasa, 20 Juli 2021/10 Zulhijah Jimakir 1954. Peniadaan ini berkaitan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah DIY.

Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono mengatakan apabila prosesi pembagian ubarampe Garebeg Besar tahun ini dilakukan dengan sangat hati-hati. Mengingat masih dalam suasana PPKM, pembagian ubarampe Gunungan hanya dibagikan terbatas kepada para Abdi Dalem.

Advertisement

BACA JUGA : PPKM Darurat, Kraton Jogja Tiadakan Garebeg Besar 2021

“Yang berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana ubarampe dibagikan selesai dalam sehari, tahun ini ubarampe gunungan dibagikan bertahap selama lima hari sejak tanggal 20-24 Juli 2021," kata Gusti Kirono, sapaan GKR Condrokirono, dalam rilis tertulisnya, Senin (19/7/2021).

Seluruh prosesi juga mengikuti prosedur dalam PPKM untuk mengurangi kerumunan. Penyesuaian juga dilakukan pada pembagian ubarampe ke Pura Pakualaman dan Kepatihan.

"Ubarampe gunungan yang dibagikan ke Pura Pakualaman dan Kepatihan dilaksanakan pada hari yang berbeda, hal ini dimaksudkan untuk meniadakan kerumunan," kata Gusti Kirono.

BACA JUGA : Garebeg Syawal, Kraton Jogja Bagikan 3.000 Ubo Rampe

Meski terdapat beberapa penyesuaian, Gusti Kirono mengatakan apabila esensi pelaksanaan Garebeg tidak berkurang sebagai ungkapan syukur dan sedekah dari raja kepada kerabat dan rakyatnya. Prosesi ini juga sebagai wujud konsistensi Kraton Jogja dalam menjaga tradisi leluhur meski dalam keterbatasan.

Di samping itu, segala kegiatan pementasan paket wisata Kraton Jogja juga masih diliburkan. Belum ada batas waktu yang tetap untuk kembali dibuka. Sebagai gantinya, Kraton Jogja semakin rutin menghadirkan konten seputar kegiatan kraton melalui media sosial dan Youtube.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement