18 Sapi Kurban di Bantul Mengandung Cacing Hati

Ilustrasi pembagian daging hewan kurban. - Harian Jogja/Desi Suryanto
21 Juli 2021 06:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sebanyak 18 sapi yang dipotong saat Iduladha 1442 H di Bantul mengandung cacing hati.

Sapi yang mengandung cacing hati ini dinilai tidak berbahaya. Sebab, bagian hewan yang mengandung cacing hati tersebut tinggal dipotong dan dikubur.

"Daging hewan kurban yang tidak mengandung cacing hati masih bisa dikonsumsi. Nanti tinggal bagian yang kena cacing hati dipotong dan dikuburkan," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Bantul, Joko Waluyo, Selasa (20/7/2021).

Menurut Joko, pada pemotongan bertepatan dengan Iduladha 1442 H, dinas menerjunkan 150 petugas untuk memantau titik pemotongan yang ada di Bumi Projotamansari. Sejauh ini, sudah ada 373 titik pemotongan, 1.204 sapi, 1.011 kambing dan 8.015 domba yang dipotong.

"Dan, sampai saat ini masih terus berjalan," lanjut Joko.

Joko memerkirakan jumlah titik pemotongan dan hewan yang dipotong ini akan terus bertambah, sebab, pemotongan boleh dilakukan pada hari tasrik yakni 21 - 23 Juli 2021.

Namun, secara sekilas di hari pertama pemotongan, Joko menilai masih ada titik pemotongan hewan kurban yang tidak sesuai dengan Surat Edaran Bupati nomor 451. Warga masih terlihat berkerumun dan tidak menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Tetapi di sana biasanya sudah ada petugas. Jadi begitu kelihatan berkerumun, petugas langsung mengingatkan untuk tetap jaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan," ucap Joko.