Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo Meninggal Dunia setelah Jalani Perawatan Medis

Sejumlah anggota Satpol-PP Kabupaten Kulonprogo saat mengikuti upacara kepergian mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo sebelum dikebumikan pada Minggu (1/8/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
01 Agustus 2021 13:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (31/7/2021) sekitar pukul 17.51 WIB di Rumah Sakit Bethesda. Bupati Kulonprogo periode 2001 sampai dengan 2011 tersebut meninggalkan satu istri dan lima anak serta empat cucu.

Kabar meninggalnya mantan Bupati Kulonprogo itu dibenarkan oleh Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana yang juga masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan almarhum Toyo Santoso Dipo. Toyo Santoso Dipo wafat di usia 77 tahun.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, berita duka, telah meninggal dunia, Bapak H Toyo Santoso Dipo, Bupati Kulonprogo 2001-2011. Semoga almarhum khusnul khotimah. Beliau meninggal sakit sepuh," kata Fajar Gegana pada Sabtu (31/7/2021).

Baca juga: Menghalangi Jalan Ambulans Bisa Dipenjara 1 Tahun

Fajar mengungkapkan jika almarhum Toyo Santoso Dipo sebelum meninggal dunia memang sudah sekitar dua bulan menjalani perawatan medis di rumah sakit. Diungkapkan Fajar, sosok Toyo merupakan motivator yang menginspirasi hingga saat ini.

"Banyak murid dan pengikut beliau yang berhasil menjadi pemimpin. Sehingga jasa almarhum semasa hidupnya sangat luar biasa. Beliau juga merupakan maestro bagi para politisi Kulonprogo. Saya juga masih punya hubungan famili. Kami para politisi banyak belajar dari beliau," ujar Fajar.

Almarhum Toyo Santoso Dipo merupakan bupati yang lahir dari sistem demokrasi setelah masa reformasi. Toyo Santoso Dipo menjabat selama kurun waktu sepuluh tahun. Visi misinya yang masih lekat di telinga warga Kulonprogo yakni Tirto Margo Saras. "Jasa-jasa beliau dalam pembangunan di Kulonprogo juga sangat luar biasa," kata Fajar.

Almarhum sendiri rencananya disemayamkan pada Minggu (1/8/2021) di makam Ky Anthong yang berlokasi di Pedukuhan Turip, Kalurahan Ngestiharjo, Kecamatan Wates, Kulonprogo.