Advertisement

Dorong Optimisme Hadapi Pandemi, 2 Putri Kraton Jogja & Aktivis Karang Taruna Serahkan Bantuan kepada Warga Isoman

Media Digital
Rabu, 04 Agustus 2021 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Dorong Optimisme Hadapi Pandemi, 2 Putri Kraton Jogja & Aktivis Karang Taruna Serahkan Bantuan kepada Warga Isoman Penyerahan bantuan kepada warga isoman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pandemi Covid-19 memberikan dampak sosial dan ekonomi yang belum usai bagi masyarakat hingga saat ini. Untuk menyikapi hal tersebut, Gerakan Kemanusiaan Republik (GKR) Indonesia bekerja sama dengan Karang Taruna DIY berinisiatif untuk memberikan bantuan bagi masyarakat yang sedang Isolasi Mandiri (Isoman) di DIY setelah sebelumnya GKR Indonesia melaksanakan berbagai kegiatan seperti do’a bersama lintas agama secara virtual dan vaksinasi untuk masyarakat umum yang bekerja sama dengan Korem 072/Pamungkas pada tanggal 27, 29, 30, 31 Juli dan 1 Agustus 2021. 

GKR Condrokirono selaku Ketua Karang Taruna DIY diagendakan terjun langsung menyerahkan bantuan sejumlah 3000 paket untuk 5 Kabupaten/Kota. Turut hadir pada kegiatan penyerahan, GKR Hayu yang merupakan Pegiat Karang Taruna dan perwakilan GKR Indonesia pada Hari Rabu, 4 Agustus 2021 di Kalurahan Srimartani, Piyungan, Bantul, Pukul 10.00 WIB. Setelah menyerahkan bantuan yang diterima langsung oleh Ketua Satgas Darurat Covid-19 Dusun Piyungan dan Dusun Sandeyan, keduanya lalu bertolak ke Kalurahan Logandeng, Gunungkidul pada Pukul 12.00 WIB untuk menyerahkan paket bantuan berwujud sembako, vitamin, masker, dan lain-lain dengan didampingi pengurus Karang Taruna DIY dan Kabupaten. Kegiatan ini dilakukan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. 

Advertisement

Di sela-sela penyerahan bantuan, Ketua Karang Taruna DIY yang telah menjabat selama 2 periode tersebut mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan bantuan teman-teman Karang Taruna baik di tingkat RT, RW, Dusun, Kalurahan, Kecamatan, Kabupaten, dan DIY yang selalu terlibat aktif mendukung proses penanganan berbagai masalah sosial. Ia juga menyampaikan salam hormat kepada semua tenaga kesehatan, Relawan, Satgas dan berbagai komunitas yang selalu mencurahkan tenaga dan pikirannya selama ini. Ia berharap seluruh anggota Karang Taruna dapat tetap terus bergandengan tangan dengan berbagai unsur masyarakat dan pemerintah untuk sama-sama mengawal penanganan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. “Kami yakin bahwa peran teman-teman Karang Taruna dan seluruh elemen apapun itu, dapat membawa setitik harapan bagi masyarakat” ungkapnya. Tak lupa GKR Condrokirono juga menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap semangat, optimis, selalu menjaga kondisi, dan berdoa agar Pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga masyarakat dapat kembali melaksanakan aktivitas seperti sedia kala. “Mari kita saling bergotong-royong dengan semangat dalam menangani permasalahan ini”, imbuhnya. Selain itu, merespon kebijakan pemerintah tentang perpanjangan PPKM sampai pada 9 Agustus 2021, GKR Condrokirono meminta masyarakat tetap taat pada instruksi pemerintah terutama dalam menjalankan 6M (memakai masker dengan benar, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjaga pola makan, dan menjauhi kerumunan) sehingga dapat selalu melindungi diri, keluarga, serta lingkungan. 

Merespon apa yang disampaikan GKR Condrokirono, M Sholinurudin selaku anggota satgas penanganan Covid-19 di Kalurahan Srimartani menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada dua puteri Keraton Jogja tersebut karena telah ngaruhke (Red. menyapa) sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat yang sedang isoman. Pria yang akrab disapa Inung tersebut menyatakan bahwa kedatangan aktivis Karang Taruna tersebut telah membangkitkan semangat dan optimisme masyarakat. “Perhatian seperti inilah yang sangat dinantikan oleh masyarakat” ungkapnya. Di akhir kalimatnya, mantan Ketua Karang Taruna Kabupaten Bantul ini juga menyampaikan bahwa sangat bangga terhadap kepemimpinan GKR Condrokirono di Karang Taruna DIY, karena selama ini telah mampu memberikan contoh bagi seluruh kalangan anak muda untuk melakukan pengabdian tanpa batas. 

Sejalan dengan kegiatan tersebut, Karang Taruna Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta juga akan menindaklanjuti hasil pertemuan secara virtual dengan Menteri Sosial pada tanggal 28 Juli 2021 lalu, di mana Kementerian Sosial akan mengirimkan bantuan masker dan vitamin ke seluruh Kabupaten/Kota untuk disalurkan oleh Karang Taruna. Bantuan akan dikirimkan ke sekretariat Karang Taruna 5 Kabupaten/Kota untuk diserahkan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement