Penanganan Yatim Piatu Jadi Tugas Bersama Tim Satgas Covid-19

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
09 Agustus 2021 08:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Perhatian kepada anak yatim piatu dikarenakan orang tuanya meninggal akibat terinfeksi Covid-19 kian dibutuhkan. Penanganan yatim piatu jadi tugas bersama tim Satgas Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo pada Jumat (6/8/2021) menyampaikan bila penanganan anak yatim piatu karena orang tuanya meninggal disebabkan Covid-19 ditangani bersama tim Satgas Covid-19 Bantul. "Saya pikir itu, bukan masalah kerja sama. Tetapi semua di-handle di Pemda, Satgas Covid di bidang sosial seperti itu yang akan melaksanakan," tuturnya.

"Tentu di bidang masing-masing yang akan merespon, menindaklanjuti. Dinas Sosial sesuai tugas pokok fungsinya dan kriteria-kriteria yang ada tentu yang akan menindaklanjuti," tambahnya.

Baca juga: Menteri Sandiaga Uno Serahkan beasiswa untuk 100 Anak-Anak Pedagang Kecil Terdmapak PPKM

Menurut Agus, penanganan yatim piatu karena Covid-19 merupakan satu tugas bersama tim Satgas Covid-19, bukan lagi kerja sama satu atau dua OPD.

"Urusannya bukan kerja sama. Itu sudah satu tim. Namanya satuan tugas itu satu tim. Ada bidang penegakan hukum, ada bidang pelayanan kesehatan, ada bidang sosial kemasyarakatan dan sebagainya tentu semua bekerja sesuai beban amanah tupoksi masing-masing," ujarnya.