Ekonomi Sudah Terpuruk, Bupati Sleman Berharap PPKM Level 4 Kali Ini Menjadi yang Terakhir

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk pedagang Pasar Tempel, Selasa (29/6/2021). - Ist/dok
11 Agustus 2021 22:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Pemerintah Pusat kembali memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 pada 10-16 Agustus. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, berharap perpanjangan ini menjadi yang PPKM Level 4 yang terakhir kalinya.

Menurutnya, dunia usaha selama PPKM sangat terpuruk, sehingga dengan berakhirnya PPKM diharapkan dapat membangkitkan kembali. “Semoga ini jadi PPKM yang terakhir. Agar dunia usaha di Sleman dapat bergerak dan bangkit,” ungkap Kustini saat dikonfirmasi, Rabu 11 Juli 2021.

Berbagai dunia usaha bisa kembali bergeliat jika perpanjangan PPKM ini merupakan yang terakhir. Sektor perekonomian seperti pariwisata, industri, rumah makan dan lain sebagainya yang selama ini menjadi usaha masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala.

BACA JUGA: Jubir Menteri Luhut: Data Kematian Covid-19 Bukan Dihapus, Tapi Tak Dipakai Sementara

Meski demikian, ia menegaskan bahwa PPKM bukan untuk menyengsarakan masyarakat. Justru langkah tersebut diambil sebagai upaya serius pemerintah guna memutus mata rantai Covid-19 dari sisi kesehatan. “Jika ini pandemi sudah berakhir, kita sama-sama lakukan perbaikan pada seluruh sektor, termasuk perekonomian. Jadi saya harap masyarakat memahami esensi dari PPKM ini,” katanya.

Setelah melalui kebijakan PPKM sejauh ini, penularan Covid-19 di Sleman dinilai mulai menurun meskipun belum terlalu signifikan. Pada pertengahan Bulan Agustus penambahan kasus mulai di bawah 500 kasus per hari. Sementara di Bulan Juli kasus penambahahan selalu diatas 500 kasus per hari.