Apel Kehormatan dan Renungan Suci Digelar di TMP Kusuma Negara

Kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di TMP Kusuma Negara Jogja, Senin (17/8 - 2021)./IST
18 Agustus 2021 05:59 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja, JOGJA-Sebagai rangkaian peringata Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI di DIY, digelar Kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di TMP Kusuma Negara Jogja.
Kegiatan dilaksanakan pada Senin (17/8/2021) pukul 00.00 WIB. Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih, menjelaskan, AKRS adalah salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. “Kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan Peringatan HUT RI ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di DIY dengan Inspektur Upacara (Irup) Polda DIY,” katanya.
Acara inti adalah penghormatan kepada arwah para pahlawan, pembacaan teks AKRS, mengheningkan cipta, dan pembacaan doa. Saat pembacaan doa seluruh lampu yang ada di TMP dimatikan.
Dengan diiringi Korsik dari Polda DIY dan nyala api di obor tugu pahlawan. Hal tersebut diharapkan semakin menjadikan peserta upacara tenggelam dalam napas heroik yang dikobarkan pahlawan Indonesia. “Pada masa sebelum pandemi setiap pusara makam juga diterangi dengan temaram lilin yang dinyalakan oleh Pramuka, tetapi pada AKRS tahun ini ditiadakan untuk mengurangi kerumunan,” ujarnya.
Di TMP Kusumanegara sampai dengan saat ini (16 Agustus 2021) terdapat 6 pahlawan nasional yang dimakamkan, yaitu Jenderal Sudirman, Kol. Sugiyono, Menteri Soepeno, Prof. Sardjito, Letjen. TNI Oerip Soemohardjo, dan Brigadir Jenderal Katamso.
Selain itu terdapat makam-makam seperti makam angkatan bersenjata sejumlah 1.461 makam, makam pegawai sipil sejumlah 12 makam, dan makam pejuang rakyat sejumlah 400 makam. Selain itu, juga ada makam pahlawan tidak dikenal sejumlah 121 makam.