Vaksinasi Covid-19 di Kota Jogja Bakal Menyasar ke Kampung-Kampung

Ilustrasi Vaksin COVID-19. - FOTO ANTARA /Irwansyah Putra
21 Agustus 2021 05:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mulai menyasar vaksinasi di tingkat kampung dan juga Rukun Warga (RW) serta Rukun Tetangga (RT). Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, vaksinasi kali ini akan menyisir sampai tingkat terbawah di seluruh Kota Jogja.

“Makanya kami minta pengurus kampung untuk menghubungi Puskesmas-nya untuk segera menata untuk vaksinasi di tingkat kampung,” kata Heroe di sela-sela kegiatannya, Jumat (20/8/2021).

Selain membuat vaksinasi di kampung-kampung, Pemkot Jogja juga berencana menggunakan mobil vaksin untuk sasar vaksinasi di tingkat bawah, terutama yang terkendala secara mobilitas. Namun saat ini mobil vaksin masih dalam proses penyiapan.

“Sudah ada [mobil vaksinnya], namun operasionalnya belum. Ada dua mobil, milik Pemkot Jogja dan Kepolisian Resor Kota Jogja. Untuk mobil vaksin dari Kodim belum ada,” kata Heroe.

Mobil vaksin rencananya menyasar orang yang memiliki keterbatasan mobilitas seperti orang tua, difabel, dan lainnya. Saat ini vaksinasi difabel sudah berlangsung di fasilitas kesehatan (faskes) terdekat. Vaksinasi difabel mengunakan jenis vaksin Sinopharm. “Sudah dimulai, [vaksinasi] langsung di faskes,” katanya.