Advertisement

Bursa dan Jogja Berbagi Perspektif Mengenai Situs Warisan Dunia UNESCO

Media Digital
Rabu, 25 Agustus 2021 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bursa dan Jogja Berbagi Perspektif Mengenai Situs Warisan Dunia UNESCO Acara Focus Group Discussion "Situs Warisan Dunia UNESCO: Perspektif dari Bursa dan Yogyakarta". - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebuah kota tidak dapat bercerita terkait sejarah yang dijalaninya, namun sejarah tersebut tertulis di setiap sisi kota seperti garis yang tertulis di tangan.

Hal tersebut merupakan perumpamaan terkait dengan seberapa penting bagian-bagian kota dalam menjaga nilai-nilai sejarah dan budaya yang terkandung di dalamnya. Perumpamaan tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Neslihan Dostoglu, Dekan Fakultas Arsitektur Istanbul Kultur Universitesi dan sekaligus Manajer dari UNESCO World Heritage Site di Bursa, Turki.

Advertisement

Gambaran tersebut disampaikannya dalam acara Focus Group Discussion “Situs Warisan Dunia UNESCO: Perspektif dari Bursa dan Yogyakarta”. Sebuah kegiatan yang dijalankan untuk memberikan gambaran filosofi dan upaya yang dilakukan oleh kota Bursa untuk menjadi kota warisan dunia UNESCO pada tahun 2014, serta bagaimana potensi kota Yogyakarta dalam upayanya untuk mengajukan diri sebagai kota warisan dunia UNESCO selanjutnya.

Kegiatan ini mendatangkan narasumber dari berbagai sektor guna memotret gambaran besar Bursa dan Jogja sebagai situs bersejarah dan memiliki warisan budaya tak ternilai di dunia. Acara ini dimulai dengan pemaparan filosofi budaya kota Bursa dan dilanjutkan dengan upaya serta strategi yang dijalankan kota Bursa hingga akhirnya menjadi situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2014.

Prof. Dostoglu menyampaikan bahwa menjaga identitas kota menjadi salah satu hal yang perlu dipertahankan. Upaya pengajuan sebagai situs warisan dunia UNESCO tidak dapat hanya dilakukan di awal upaya mencapai titel tersebut, namun juga merupakan upaya berkelanjutan untuk memastikan bahwa identitas dan budaya kota tersebut tetap terjaga.

Pembahasan berikutnya dibawakan oleh Yetti Martanti, S.Sos., M.M., Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja. Ia menyampaikan sebagai bagian dari situs budaya, Kota Jogja perlu melakukan persiapan untuk menjamin bahwa sumbu filosofi terjaga dan tetap memperhatikan kenyamanan dari pengunjung area situs budaya tersebut. Situs ini terutama pada area antara Tugu Jogja hingga Panggung Krapyak.

Baca juga: Bantul Tak Siapkan Strategi Khusus untuk Turunkan Level PPKM

Hal pertama yang dilakukan oleh Pemerintah Kota adalah mengembangkan pedestrian di pusat kota untuk menjamin kenyamanan wisatawan yang sedang melintas di area tersebut. Yang kedua adalah melakukan perencanaan transportasi yang terintegrasi untuk menjamin bahwa lalu lintas yang berjalan tidak merusak situs budaya yang ada di area tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa hal, seperti adanya giratori yang dijalankan oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, hingga pengembangan area-area parkir yang memungkinkan wisatawan menjangkau pusat kota namun tetap memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Selanjutnya pembahasan dibawakan oleh Ibu Dian Lakshmi Pratiwi, S.S., M.A., Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY yang lebih jauh menjelaskan sumbu filosofi serta bagaimana dampaknya pada keistimewaan DIY secara keseluruhan. Ia menyampaikan bahwa filosofi ini merupakan satuan yang tidak terpisahkan dari sejarah lokal dan memiliki kontribusi nilai budaya masyarakat yang ada di DIY.

"Di sini, sumbu filosofi menjadi perwujudan nilai-nilai peradaban sebagai filosofi kehidupan universal, mulai dari bagaimana manusia berasal dan bagaimana manusia kembali, sebagai nilai fundamental pembangunan peradaban, baik hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, hingga manusia dengan alam," kata dia.

Dengan dasar ini, Kota Jogja kemudian mengajukan situs sumbu filosofi yang terhubung dari Panggung Krapyak di selatan, kompleks Kraton di tengah, hingga Tugu di utara sebagai salah satu situs warisan budaya UNESCO. Beliau menekankan bahwa upaya ini bukanlah semata-mata hanya untuk prestige, namun lebih sebagai upaya untuk melestarikan adab dan mensejahterakan manusia yang tinggal di kawasan Yogyakarta.

Pembahasan terakhir disampaikan oleh Hadza Min Fadhli Robby, S.I.P., M.Sc., Direktur Embun Kalimasada yang juga menjabat yang mana menitikberatkan pentingnya pengajuan status sebagai situs warisan dunia UNESCO. Ia menjelaskan mulai dari sejarah awal munculnya status situs warisan dunia UNESCO dan bagaimana status tersebut mampu memberikan dukungan bagi negara tersebut untuk dapat mempertahankan bukti besarnya budaya yang telah berkembang di wilayah tersebut.

"Untuk dapat berhasil menggapai status sebagai situs warisan dunia UNESCO, paling tidak ada tiga faktor utama. Pertama, perlu adanya sinergitas aktor, baik pemerintah, masyarakat sipil, serta aktor-aktor terkait. Kedua, perlunya mempersiapkan dokumen yang mendetail dan rasionalisasi sesuai syarat UNESCO, yaitu universal, memiliki signifikansi internasional, dan memiliki makna mendalam terhadap kemanusiaan," jelasnya.

Dan yang terakhir adalah perencanaan yang seimbang, yaitu strategi yang mendorong kemajuan masyarakat sekitar dan memastikan perlindungan situs budaya di wilayah tersebut. Beliau juga mengingatkan bahwa status tersebut tidaklah bertahan selamanya. UNESCO dapat mencabut status sebagai situs warisan dunia apabila pemerintah gagal untuk menjaga identitas dan budaya lokal. Karena itulah diperlukan kerja keras berkelanjutan dari berbagai pihak untuk mempertahankan budaya dan situs-situsnya.

Pelaksanaan kegiatan focus group discussion ini juga dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang. Dimulai dari perangkat pemerintah, pegiat budaya, pengusaha hotel dan restoran, mahasiswa, hingga media massa. Diharapkan dengan berjalannya kegiatan ini mampu memberikan masukan serta gambaran strategi yang lebih komprehensif guna mendapatkan status situs warisan dunia UNESCO bagi situs sumbu filosofi dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar situs budaya tersebut. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement