Pengumuman 90 Nominee Terbaik Kompetisi Bahasa dan Sastra 2021

Ilustrasi. - Harian Jogja
25 Agustus 2021 13:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Kompetisi Bahasa dan Sastra menjadi agenda rutin yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Gelaran kompetisi pada tahun 2021 ini diikuti oleh 382 peserta baik pada kategori umum maupun kategori pelajar.
Meski dilaksanakan di masa pandemic covid 19, jumlah kepesertaan tahun ini menjadi rekor tertinggi selama penyelenggaraan Kompetisi Bahasa dan Sastra yang pernah digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta sejak tahun 2018 lalu. 
Tahap penjurian pertama telah selesai dilakukan dengan seleksi video pada 12 – 19 Agustus 2021. Penjurian ini menghasilkan total 90 orang nominee di 18 jenis lomba, yaitu:
1.    Macapat  (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)
2.    Geguritan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)
3.    Alih Aksara (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)
4.    Baca Cerkak (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)
5.    Sesorah (SMP/MTs, SMA/SMK/MA)
6.    Pranata Adicara (SMA/SMK/MA dan umum warga Kota Yogyakarta)
7.    Stand Up Comedy Bahasa Jawa (umum warga Kota Yogyakarta)
8.   Alih Manuskrip (umum warga Kota Yogyakarta)
Peserta yang lolos di tahap pertama ini berhak mengikuti penjurian tahap kedua berupa seleksi langsung/final pada tanggal 6-9 Sepetember 2021.
Pada babak final ini akan dipilih 5 (lima) peserta terbaik sebagai juara pertama hingga juara harapan kedua. Hadiah akan diberikan berupa uang pembinaan, tropi dan sertifikat. Peserta terbaik pertama, kedua dan ketiga juga akan dikirim ke lomba berjenjang di tingkat DIY mewakili kontingen Kota Yogyakarta. Kecuali lomba alih manuskrip yang diselenggarakan hingga tingkat kota saja. 
Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, S.Sos., M.M. menyatakan apresiasinya kepada seluruh peserta, guru, dan pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Kompetisi Bahasa dan Sastra ini. Meski di tengah pandemic tidak menyurutkan niat dari pecinta sastra Jawa untuk terus berkarya. (ADV)