Advertisement

Selama Masih PPKM Level Empat, DIY Belum Bisa Gelar Sekolah Tatap Muka

Ujang Hasanudin
Senin, 06 September 2021 - 16:37 WIB
Nina Atmasari
Selama Masih PPKM Level Empat, DIY Belum Bisa Gelar Sekolah Tatap Muka Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan pembelajaran tatap muka atau PTM belum bisa dilaksanakan ketika DIY turun menjadi level 3, kecuali ujicoba PTM.

“Itu PTM sudah bisa kita ujicoba penuh terutama merek yang sudah vaksin,” ujar Baskara Aji, di Kompleks Kepatihan, Senin (6/9/2021).

Advertisement

Mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) ini mengatakan ujicoba PTM setidaknya diterapkan bagi sekolah-sekolah yang sudah melaksanakan ujicoba PTM sebelumnya. Beberapa sekolah yang sempat melakukan ujicoba PTM adalah SMAN 1 Pajangan Bantul, SMAN 1 Gamping Sleman, SMKN 1 Wonosari Gunungkidul, SMKN 1 Jogja, SMAN 1 Sentolo Kulonprogo, SMAN 2 Playen Gunungkidul, SMKN 1 Pengasih Kulonprogo, SMKN 1 Bantul, dan SMKN 1 Depok Sleman. “Sekolah lain yang sudah siap juga bisa,” ujar Baskara Aji.

Baca juga: Ayo Vaksin! PDIP DIY Bergerak Bersama Rakyat Atasi Pandemi Covid 19

Namun demikian jika DIY masih belum turun level, Pemda DIY akan terus menggenjot penurunan kasus aktif, positivity rate, dan menurunkan angka kematian. “Sebelulnya level 4 dan 3 pemberlakuannya hampir sama,” tandas Baskara Aji.

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya, sebelumnya mengatakan akan melakukan ujicoba PTM ketika DIY turun level pada pekan ini. Setidaknya ujicoba dilakukan pada sekolah yang sempat melakukan ujicoba PTM, beberapa waktu lalu. Selain itu, vaksinasi juga menjadi fokus utama untuk menggelar ujicoba PTM.

Vaksinasi untuk guru dan tenaga kependidikan sudah hampir mencapai 100% dari total sekitar 16.600an. Yang belum teraksin karena kondisi kesehatan seperti hamil atau tensi tinggi saat dilakukan vaksin sehingga tertunda, namun secara berangsur sudah melakukan vaksin secara mandiri.

Selain vaksin guru, vaksinasi siswa juga terus dikebut dengan bekerjasama berbagai pihak baik TNI-Polri maupun fasilitas kesehatan di kabupaten dan kota. “Capaian vaksinasi pelajar sampai sekarang [pekan lalu] 34 persen, ini masih berjalan terus,” ujar Didik,” ujar Didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement